2 Aturan Sukseskan Presentasi

Views :403 Times PDF Cetak E-mail
Kamis, 23 Februari 2012 17:01
Presentasi bisa tiba-tiba berubah kacau karena berbagai alasan tetapi alasan yang paling utama ialah karena persiapan yang minim. Ikuti dua aturan berikut ini untuk memastikan Anda siap sebelum melangkah ke depan audiens.

1. Ketahui dan pelajari audiens yang akan dihadapi

Presentasi dan pidato di depan publik  idealnya menyangkut tentang audiens yang diajak bicara, bukan tentang orang yang memberikan presentasi atau pidato di depan. Saat Anda sebagai presenter terus berfokus pada diri Anda sendiri, itu akan membuat bosan orang yang mendengarkan Anda. Sebelum Anda menuliskan semua pokok pikiran dalam presentasi , pastikan Anda mengetahui siapa saja yang ada di hadapan Anda. Jumlah, sikap dan keadaan emosional audiens akan mempengaruhi panjang, gaya dan isi dari presentasi Anda.

2. Beritahukan mereka satu hal

Kebenaran yang menyakitkan ialah bahwa anggota audiens  mengingat sedikit sekali isi presentasi yang Anda sampaikan. Jadi pastikan isinya sederhana sehingga mudah untuk diingat-ingat. Fokus pada satu ide saja dan singkirkan semua hal yang tidak mendukung ide utama tersebut.

Sumber:
http://www.ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/37-advise/14678-2-aturan-sukseskan-presentasi.html