3 Langkah Simpel Perbaiki Kesalahan

Views :288 Times PDF Cetak E-mail
Kamis, 23 Februari 2012 11:19
fix0212Entrepreneur akrab dengan masalah dan kesalahan. Semua itu merupakan bagian dari proses yang harus dilalui sehingga tidak perlu dihindari. Jalani, hayati serta nikmati karena sebenarnya itulah inti dari kehidupan seorang entrepreneur: mendapati masalah dan menemukan solusinya bagi diri sendiri dan orang lain.

Sementara orang lain banyak yang menerima bahwa kesalahan adalah sesuatu yang tak terhindarkan, tak seorang pun yang suka atau menikmati melakukan kesalahan dengan sengaja.

Berita baiknya ialah bahwa bahkan kesalahan besar pun tidak perlu menjadi kesalahan yang mengakhiri karir entrepreneur Anda selamanya jika dna hanya jika ditangani dengan tepat.

Bila Anda suatu saat atau sekarang sedang menghadapi sebuah keadaan yang rumit akibat sebuah kesalahan yang Anda buat sendiri, jangan panik. Ikuti 3 langkah simpel yang disarankan Amy Gallo dalam tulisannya yang berjudul “You’ve Made A Mistake. Now What?” berikut ini untuk memperbaiki keadaan:

Langkah 1: Bersikap apa adanya

Hal pertama yang harus dilakukan ialah memilih untuk bersikap jujur mengenai kesalahan yang Anda buat. Inilah tantangan terberat jika ego Anda sebagai entrepreneur terlalu tinggi. Banyak entrepreneur enggan mengakui kesalahan mereka dengan penuh keterbukaan karena itu bisa melukai harga diri mereka, betul?

Ingatlah bahwa menyembunyikan kesalahan yang Anda buat atau meremehkan dampak kesalahan tersebut bisa jadi fatal bagi karir entrepreneur Anda di masa datang. Perbaiki sekarang atau menyesal di kemudian hari.

Sikap terbuka dan jujur mengenai kesalahan yang Anda perbuat mungkin awalnya pahit karena Anda akan dicerca, tetapi beban moral dan etika yang Anda panggul sudah jauh berkurang. Ini mebuat batin Anda tenang. Akui bahwa Anda bertanggung jawab atas kesalahan itu dan berniat segera memperbaiki kerusakan yang ditimbulkan. Jangan terlalu bersikap defensif dengan menyalahkan orang lain yang terlibat.

Langkah 2: Lakukan perubahan yang diperlukan

Kesalahan jangan selalu Anda anggap sebagai momok. Ambil sudut pandang sebagai entrepreneur yang harus terus belajar. Anggap kesalahan sebagai peluang untuk belajar lebih banyak. Peluang ini mahal, apalagi pengalaman yang didapat dari memperbaiki kesalahan.

Jelaskan pada karyawan dan rekan kerja Anda serta pihak-pihak yang terlibat dalam bisnis Anda bahwa Anda akan melakukan perubahan yang mengarah pada perbaikan dari situasi yang ada sekarang, yang terjadi akibat kesalahan Anda.

Langkah 3: Kembali melaju

Jangan biarkan kesalahan yang sudah Anda lakukan membuat Anda trauma untuk melakukan gebrakan dalam berbisnis. Ambil risiko yang terukur dengan cermat agar peluang untuk melakukan kesalahan bisa dikurangi sampai ke titik terendah yang Anda bisa. Begitu kesalahan sudah berlalu, tetap ingat pelajaran berharga yang Anda dapatkan dan lupakan ketakutan yang muncul. Lalu fokuslah pada masa depan.

Sumber:
http://ciputraentrepreneurship.com/amankan-bisnis/14666-3-langkah-simpel-perbaiki-kesalahan.html