3 Trik Gairahkan Semangat dalam Rapat

Views :447 Times PDF Cetak E-mail
Kamis, 23 Februari 2012 13:12
Meeting_BusinessSemua orang tahu apa itu rapat: sebuah pertemuan yang melibatkan sejumlah pihak untuk mendiskusikan isu penting. Tetapi bisa kita temui dalam banyak rapat, hanya orang-orang tertentu yang menunjukkan antusiasme dalam mengikuti jalannya sebuah rapat. Orang lain hanya berdiam diri dan duduk mendengarkan sepanjang jalannya rapat. Opini yang mereka berikan, jika memang mereka berikan opini, juga tak terlalu didengar dan dianggap signifikan oleh penyelenggara dan pengambil keputusan dalam rapat.

Bila Anda sudah bosan dengan rapat semacam ini dalam perusahaan Anda, saatnya untuk mencoba 3 trik ini. Trik ini akan memungkinkan semua orang yang terlibat dalam rapat untuk memberikan kontribusi terbaik mereka dalam rapat.

Trik 1: Jangan mendominasi

Mendominasi tak hanya akan memberikan orang lain waktu yang lebih sedikit untuk berbicara tetapi juga menyampaikan anggapan bahwa hanya Anda dan ide-ide Anda saja yang penting. Persilakan setidaknya 3 orang peserta rapat untuk berbicara mengemukakan pemikirannya sebelum Anda kembali berbicara.

Langkah 2: Hargai ide yang diajukan

Ide yang diajukan bisa berupa saran, opini, kritik, dan sebagainya. Tunjukkanlah bahwa semua ide yang Anda terima memiliki arti penting dengan menyebutkan kembali poin-poin yang dikemukakan. Ucapkan terimakasih pada orang-orang yang biasanya segan mengemukakan komentarnya.

Langkah 3: Tanyakan secara langsung

Untuk dapatkan masukan darisemua orang yang ada dalam rapat, tanyakan pada mereka semua mengenai pendapat mereka. Jangan lakukan dengan nada yang penuh konfrontasi. Cobalah katakan,” Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dikatakan?”

(Diadaptasi dari “Guide to Making Every Meeting Matter”)

Sumber:
http://www.ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/177-manajemen/14670-3-trik-gairahkan-semangat-dalam-rapat.html