Berburu kalsium tulang ikan

THURSDAY, FEBRUARY 2, 2012

Kalsium sangat dibutuhkan bagi semua orang, baik yang sedang dalam masa pertumbuhan maupun yang ada di usia senja sekalipun. Kekurangan kalsium bisa menyebabkan pertumbuhan tubuh anak terhambat, serta osteoporosis bagi orang tua.


Saat ini banyak beredar produk susu dengan kadar kalsium tinggi di dalamnya. Namun tentu kita harus merogoh saku lebih dalam, karena harga susu tersebut cukup tinggi.


Pilih ikan spesies kecil lebih bijak


Salah satu temuan dari para ahli gizi dunia mengungkap bahwa mengkonsumsi ikan beserta tulangnya akan memberi banyak asupan kalsium ke tubuh. "Ikan yang dimakan beserta tulangnya, mengandung lebih dari 500 mg kalsium,"  ungkap ahli gizi medis dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, dr Fiastuti Witjaksono, SpGK 


Hanya saja, kita harus bijak dalam menerapkan saran para peneliti tersebut. Alih-alih ingin mendapatkan kalsium yang cukup, ikan yang masih tahap perkembangan pun kita sikat. Mengingat jika sudah besar, maka tulangnya akan semakin keras.



Menanggapi hal itu, Fiastuti mengatakan, kita tak harus makan ikan-ikan yang masih kecil. Banyak ikan-ikan yang memang jenisnya kecil dan kelimpahannya cukup banyak, diantarnya teri (Stolephorus sp.). Jika pun ikan dewasa, maka kita dapat memainkan cara memasaknya, direbus atau dipresto. (ang)