BUPATI BUKA RAKON PKK 2012

Kamis (23/2) di Pendopo Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) di gelar pembukaan rapat konsultasi (rakon) Tim Penggerak PKK Kab HSS. Kegiatan rakon tersebut di buka secara resmi oleh Bupati HSS Dr. H. M. Safi’i, M. Si. Dengan tema ” Optimalisasi Peran TP PKK Mendukung Millennium Development Goals (MDGs) tahun 2014 ”.

Hadir Sekretaris Daerah HSS Drs. H. Achmad Fikry, M. AP, Asisten Administrasi Pembangunan dan Kemasyarakatan Ir. H. Fathurrahman, MP, Wakil Ketua I TP. PKK Kab HSS Hj. Zaitun Ardiansyah S. Ag, Wakil Ketua II TP PKK Kab HSS Hj. Isnaniah A. Fikry, para pimpinan SKPD, para Camat se Kab HSS, Ketua beserta pengurus TP PKK Kecamatan se Kab HSS.

Bupati HSS Dr. H. M. Safi’i, M. Si dalam sambutannya menyatakan bahwa PKK adalah sebuah organisasi. Dalam menjalankan sebuah organisasi hendaknya menggunakan pola pemberdayaan yang fokusnya pada keluarga. Adapun sasaran pada program PKK adalah seluruh anggota keluarga. Bupati mengatakan bahwa PKK mempunyai sifat keorganisasian yang beda dengan organisasi lainnya yaitu bekerja sebagai mitra, baik mitra pemerintah maupun mitra organisasi lainnya. Bupati mengingatkan dalam menyusun sebuah program pemberdayaan ada 3 tahap yakni yang pertama sifatnya bimbingan, yang kedua pembinaan dan yang ketiga pemberdayaan sehingga program PKK yang pola kerjanya pemberdayaan bisa tercapai.

Pada kesempatan itu, Bupati mengutarakan bahwa PKK adalah lembaga yang bekerjanya dengan tulus dan iklas sehingga dalam bekerja harus bersifat suka rela, tidak mewakili golongan, lembaga, instasi manapun. PPK dalam melaksanakan kerjanya tidak bisa lepas dengan mitra kerjanya. Dan sifat kerja PKK adalah konsultatif dan harus dibarengi dengan koordinatif. Dikatakannya bahwa program pemberdayaan masyarakat sama dengan sasaran pemerintah sehingga cari titik temu bukan mencari titik perbedaanya supaya mampu mengangkat taraf hidup keluarga yang menjadi sasaran program PKK.

Bupati menambahkan bahwa mitra strategis pada instansi pemerintah yang terkait langsung dengan pemberdayaan masyarakat agar dapat menumbuhkan komitmen tanggung jawab keberhasilan program PKK. Bupati menghimbau kepada SKPD terkait agar mencari program unggulan yang merupakan lentera keberhasilan sebuah program SKPD.

Wakil Ketua I TP. PKK Kab HSS Hj. Zaitun Ardiansyah S. Ag menyampaikan laporannya bahwa maksud dan tujuan diselenggarakan kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Sumber Daya Manusia khususnya pada anggota TP PKK dan dapat menyusun program kerja sesuai dengan bidang masing-masing yang mengacu pada rakon TP PKK Provinsi Kalsel dan kebijakan Pemerintah Daerah HSS.

Adapun sebagai narasumber yakni Dinas Perikanan dan Peternakan Kab HSS, Dinas Pendidikan, Bapeluh dan Ketahanan Pangan, Dinas Kesehatan, Badan KB, PM & P. Dan materi yang diberikan Program Kerja dari Dinas Perikanan dan Peternakan, Program Kerja Dinas Kesehatan, Sinkronisasi Program Ketahanan Keluarga dan Pedoman Penggunaan Dana Pembinaan Pada Desa Percontohan Binaan PKK Kabupaten serta Kebijakan Pemerintah Dalam Kebijakan Pendidikan Non Formal dan Formal. Adapun peserta sebanyak 142 orang yang terdiri dari SKPD terkait dan Ketua TP PKK Kecamatan beserta pengurus. (siska_hms)