cara untuk memperpanjang umur aki mobil


Aki mobil sangat lah penting bagikendaraan, nah untuk menjaga kenyamanan dalam penguunaan mobil maka aki harus dirawat agar aki akan tahan lama. jika tidak aki akan cepat rusak. Statistik menunjukkan bahwa rata-rata aki mobil bisa bertahan selama 3 sampai 5 tahun.
Berikut adalah beberapa tips untuk memperpanjang umur aki mobil Anda:
1.Pastikan semua peralatan elektronik telah dimatikan sebelum Anda mematikan mesin. Pastikan lampu depan, lampu parkir, lampu interior, radio, wiper mobil, alarm mobil, gps atau perangkat navigasi, pemutar musik, dan perangkat video telah dimatikan. Berbagai peralatan yang dibiarkan hidup tidak hanya akan menguras daya aki mobil tetapi juga berisiko merusak sistem listrik mobil.
2.Pastikan aki mobil sudah terisi penuh (sudah dicharge) jika Anda tidak menyalakan mobil selama satu atau dua minggu. Jangan biarkan aki mobil kering (tidak terdapat daya listrik). Memanaskan mobil secara teratur meskipun Anda tidak menggunakannya baik untuk menjaga agar aki tetap terisi.
3. Hindari korosi. Korosi atau karat pada terminal aki dapat memperpendek umur aki. Jika tidak sempat membersihkan sendiri, pastikan montir di bengkel kepercayaan Anda memeriksa dan membersihkan terminal aki secara teratur.
4. Periksa adanya kabel yang longgar serta periksa pula dudukan aki. Dudukan aki yang berkarat dianjurkan untuk diganti. Dudukan yang rusak atau berkarat berpotensi membuat posisi aki tidak stabil sehingga akan bergetar atau berpindah posisi yang pada gilirannya memperpendek umur aki. Drive belt pada mobil juga perlu diperiksa secara berkala. Belt yang rusak akan membuat proses charging aki tidak sempurna.
Nah silahkan mencobanya, semoga aki mobil anda akan selalu awet.