Dintanhut Siapkan 50 Hektar Lahan Tebu Berbenih Agriteknologi

Rembang-Petani tebu di Kabupaten Rembang, akan diperkenalkanbibit baru hasil pengembangan tekhnologi, berupa butiran benih. Saat ini sedangdibicarakan terkait demplot untuk uji coba, sebelum ditanam massal oleh warga.

Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian danKehutanan Kabupaten Rembang, Ir Susilo Hadi menjelaskan, uji coba akan dilakukanoleh Dintanhut terlebih dahulu mengingat benih berupa butiran mata tebutergolong masih baru. Pasalnya masa hidup bibit tergolong pendek, berjarak watuempat hari sejak diambil dari laboratorium sampai dengan ditanam.

Menurut Susilo Hadi, berdasar petujuk teknis daripemerintah pusat bahwa penanaman benih jenis tersebut harus melalui mediapolybag dan setelah tumbuh baru kemudian dibudidayakan di lahan pertanian. Namunkarena pola tanam tebu yang berkembang di masyarakat setempat cenderung menanamlangsung, maka pihaknya tengah berupaya mengembangkan pola penanaman melalui duacara, yakni penanaman dengan polybag dan penanaman langsung dalam satu petaklahan.

Ditambahkan,sebelumnya ada 20 hektar lahan siap untuk pengembangan bibit baru, namun akan  menambah 30 hektar lagi. Dalam luasan satu hektardirencanakan ditanam 25 ribu benih tebu, sehingga total di lahan seluas 50hektar akan menghabiskan benih sekira seribu dua ratusan. ( heru )