manfaat minyak astiri di bidang kesehatan


Dalam pengobatan beberapa masalah dibidang kesehatan, sebenernya bnyak obat yang kita mnafatkan fdari sekitar kita. Salah satunya adalah minyak astiri, minyak inin juga memeiliki beberapa khasiat di bidang kesehatan, banyak manfatanya seperti demama, batuk masuk angina dan lain sebagainya. Berikut adalah manfaat minyak astiri di bidang kesehatan.
Kandungan dan Manfaat : Daunnya mengandung minyak atsiri, sineol, melaleucin dan buahnya mengandung zat tanin. Bersifat diaforetik, menghilangkan rasa sakit, membunuh kuman, mengencerkan dahak, dan antikejang.
Catatan : Bila akan digunakan untuk obat dalam, sebaiknya carilah minyak kayu putih yang asli. Karena di pasaran banyak merek minyak kayu putih yang sudah dicampur-campur dengan berbagai bahan pewarna dan bahan kimia lainnya.
Kegunaan :
1. Perut Kembung
1 sendok teh minyak kayu putih, ½ gelas air gua batu, diaduk rata. Minum sekaligus
2. Keriput pada Kulit Perut ( Bagi wanita sehabis melahirkan )
20 tetes minyak kayu putih, 1 sendok teh kapur sirih, dan 1 sendok teh air jeruk nipis, diaduk rata. Oleskan pada perut setiap hari selama beberapa minggu.
3. Batuk
1 sendok teh minyak kayu putih, parutlah ¼ biji pala,air perasan ½ jeruk nipis, dicampur jadi satu. Gosokkan pada punggung dan dada penderita. Lakukan ini 2x sehari, selama 3 hari.
4. Demam / Mencegah Stuip ( Pada anak )
Perasan 2 - 3 air jeruk nipis, 3 sendok makan minyak kelapa, 3 tetes minyak kayu putih, dan 3 siung bawang merah yang sudah ditumbuk halus, dicampur jadi satu. Oleskan ramuan itu ke seluruh tubuh penderita, terutama pergelangan tangan, kaki, perut, dan ketiak. Selimuti tubuhnya sampai keluar keringat.
5. Flu
2 sendok teh minyak kayu putih, 2 sendok teh minyak gandapura, 3 sendok teh minyak kelapa, 3 sendok air jeruk nipis, dicampur jadi satu. Gosokkan ramuan ini pada leher, dada, dan punggung 2x sehari.
6. Kejang ( Pada bayi )
Gosokkan minyak kayu putih pada hidung dan pada perut anak yang bersangkutan. Lakukan 1x sehari sebanyak yang diperlukan.
7. Masuk Angin
10 tetes minyak kayu putih, diseduh dengan ½ gelas air panas, beri 1 sendok makan madu, hangat-hangat minum ½ gelas 1 - 2 x sehari.
Demikian manfaat minyak astiri di bidang kesehatan, semoga bermanfaat untuk kita semua.