Saat Mentor Bisnis Tak Sesuai Harapan



Views :228 Times PDF Cetak E-mail
Rabu, 22 Februari 2012 14:51
CE-logoBahkan hubungan antara mentor dan anak asuhannya bisa berubah kurang hangat, tak sedekat atau seharmonis dahulu. Mungkin mentor Anda dirasakan menghalangi Anda dari pencapaian tujuan bisnis yang sudah Anda canangkan jauh-jauh hari. Atau mungkin Anda baru menyadari bahwa nasihat dan bimbingannya tak lagi relevan atau sesuai dengan kondisi Anda sekarang ini. Atau mugnkin juga, ia sering tak bisa ditemui untuk mendiskusikan masalah-masalah yang Anda sedang dihadapi.

Apapun situasi hubungan yang Anda miliki dengan mentor yang tak lagi cocok, Anda bisa menempuh 3 cara berikut untuk memperbaiki keadaan dan kembali pada jalur Anda menuju keberhasilan:

Cara 1: Rentangkan sayap AndaPerluas jaringan internal Anda dengan menawarkan bantuan kepada proyek-proyek di luar fungsi atau departmen yang Anda tekuni. Bila Anda menjauhkan diri dari mentor Anda sekarang, Anda mungkin akan menemukan mentor lain yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan selera.

Cara 2: BerdikariTunjukkan pada orang lain bahwa Anda tak hanya bekerja dalam bayang-bayang mentor Anda sekarang. Anda sebagai entrepreneur muda juga bisa tetap melaju meskipun mentor Anda tak lagi mendampingi.

Cara 3: Katakan kebenaranMungkin sudah saatnya Anda berbicara dengan jujur dan terbuka dengan mentor Anda sekarang mengenai perkembangan hubungan dengan mentor yang kurang sesuai dengan harapan semula. Hargailah semua yang sudah ia berikan dan lakukan untuk mendukung Anda hingga mencapai titik sekarang ini, namun jangan lupa untuk menjelaskan dengan terus terang apa yang Anda paling butuhkan atau tidak butuhkan. Bila memang tak tercapai kesepakatan, tak ada salahnya Anda berganti mentor dengan sepengetahuannya.

*) Diadaptasi dari tulisan Amy Jen Su dan Muriel Maignan Wilkins yang berjudul “When Your Good Mentor Goes Bad”

Sumber:
http://www.ciputraentrepreneurship.com/amankan-bisnis/14645-saat-mentor-bisnis-tak-sesuai-harapan.html