Struktur KKP (Kementerian Kelautan dan Perikanan) Dirombak

Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif Cicip Sutardjo mengganti tujuh pejabat eselon I di lingkup Kementerian Kelautan dan Perikanan. Tiga di antaranya direktur jenderal.

Pejabat yang diganti di antaranya Direktur Jenderal Perikanan Tangkap Dedy Heryadi Sutisna yang digantikan oleh Heriyanto Marwoto. Heriyanto Marwoto sebelumnya menjabat sebagai Direktur Pelabuhan Perikanan, Direktorat Jenderal (Ditjen) Perikanan Tangkap.

Direktur Jenderal Perikanan Budidaya Ketut Sugama digantikan oleh Slamet Soebjakto. Slamet Soebjakto sebelumnya menjabat Direktur Produksi, Ditjen Perikanan Budidaya.

Selain itu, Direktur Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan Victor Nikijuluw, digantikan oleh Saut Hutagalung. Saut sebelumnya menjabat Direktur Pemasaran Luar Negeri.

"Pelantikan dan rotasi ini merupakan bagian dari penyegaran organisasi di Kementerian Kelautan dan Perikanan", ujar Cicip.

Sementara itu, Rizal Max Rompas menggantikan Enday Kusendar menjadi Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kelautan dan Perikanan dari sebelumnya Staf Ahli Bidang Kebijakan Publik. Narmoko Prasmaji menggantikan Syamsul Maarif menjadi Kepala Badan Karantina Ikan, pengendalian Mutu dan Keamanan Mutu Hasil Perikanan dari sebelumnya Staf Ahli Bidang Ekologi dan Sumber daya Laut.

Sedangkan, Victor Nikijuluw menjadi Staf Ahli Bidang Kebijakan Publik, dan Dedy Heryadi Sutisna menjadi Staf Ahli Bidang Ekologi dan Sumber Daya Laut.

Cicip menambahkan,  mutasi dan promosi jabatan yang dilaksanakan ini merupakan hal yang wajar dan merupakan hal biasa yang memang harus dilakukan sebagai bagian dinamisasi dari proses dalam organisasi birokrasi. Mutasi jabatan akan selalu ada selama kebutuhan dan situasi organisasi mengendakinya.[Kompas]