10 tumbuhan langka (lanjutan hewan langka)

ini lanjutan hewan langka wkakaka gausah dibacaaaa. klo mau baca gpp juga sih wkwkkwk

10 Tumbuhan Langka di Indonesia

 
Balam Suntai (Palaquium Walsurifolium)

Balam Suntai (Palaquium walsurifolium),balam suntai adalah salah satu jenis tanaman langka asli Indonesia. Tanaman langka ini memiliki kualitas kayu yang baik. Kelas keawetan tanaman langka ini adalah kelas IV dan kekuatannya kelas II. Maka tidaklah heran kalau tanaman langka ini banyak dicari orang. 

Penyebab Kelangkaan
Penyebab kelangkaan balam suntai adalah karena balam suntai memiliki kualitas kayu yang baik. Kelas keawetan tanaman langka ini adalah kelas IV dan kekuatannya kelas II. Maka tidaklah heran kalau tanaman langka ini banyak dicari orang. 

Cara Pelestarian
Cara pelestarian balam suntai adalah tidak mengambil balam suntai seenaknya.













 
Bayur (Pterospermum sp)

Tanaman langka Indonesia ini memiliki nama daerah Balang, wadang, walang, wayu. Bayur adalah jenis tanaman langka yang memiliki kualitas kayu bagus.

Penyebab Kelangkaan
Penyebab kelangkaan tumbuhan ini karena tumbuhan ini adalah jenis tanaman langka yang memiliki kualitas kayu bagus.

Cara Pelestarian
Cara Pelestarian tumbuhan langka ini adalah dengan cara tidak mengambil tanaman ini untuk kepentingan diri sendiri, melainkan menjaga tanaman sekaligus habitatnya agar tanaman ini bisa tumbuh dengan baik.








 
Cendana (Santalum album)

Cendana atau cendana wangi, merupakan tanaman langka penghasil kayu cendana dan minyak cendana. Kayunya digunakan sebagai rempah-rempah, bahan dupa, aroma terapi, campuran parfum, serta sangkur keris (warangka). Cendana adalah tumbuhan parasit pada awal kehidupannya. Kecambahnya memerlukan pohon inang untuk mendukung pertumbuhannya, karena perakarannya sendiri tidak sanggup mendukung kehidupannya.

Penyebab Kelangkaan
Penyebab kelangkaannya adalah karena perakarannya sendiri tidak sanggup mendukung kehidupannya. Karena prasyarat inilah cendana sukar dikembangbiakkan atau dibudidayakan. Kayu cendana wangi (Santalum album) kini sangat langka dan harganya sangat mahal.

Cara Pelestarian
Cara pelestariannya adalah dengan mengembangbiakkan cendana dan membudidayakannya.








 
Pohon Ulin (Eusiderxylon Zwageri)

Tanaman langka ini juga dikenal dengan kayu besi. Tanaman khas kalimantan ini memilki diameter 60-120 cm dan tinggi 20-30 m. Tanaman langka ini adalah satu komoditas kayu yang paling laku karena kualitas kayu nya.

Penyebab Kelangkaan
Penyebab kelangkaan kayu ulin adalah karena tanaman khas kalimantan ini adalah satu komoditas kayu yang paling laku karena kualitas kayunya.

Cara Pelestarian
Cara pelestarian kayu ini adalah dengan cara mengambil tanaman ini seperlunya dan tidak menjual di pasar gelap.








 
Damar, Kopal Keruling (Agathis Labillardieri)

Tanaman langka ini berasal dari papua. Damar adalah salah satu jenis pohon potensial yang mempunyai nilai ekonomi tinggi. Tanaman langka ini tingginya bisa mencapai 60 m dan dimeternya 2m. 

Penyebab Kelangkaan
Penyebab kelangkaan tanaman ini adalah karena damar adalah salah satu jenis pohon potensial yang mempunyai nilai ekonomi tinggi, sehingga orang-orang banyak mengambil damar untuk dijual.

Cara Pelestarian
Cara pelestarian damar adalah dengan cara tidak memperjualbelikan damar dalam jumlah banyak.






 
Durian (Durio Zibethinus)

Kita mungkin tidak menyangka bahwa durian termasuk tanaman langka indonesia. Durian adalah nama tumbuhan tropis yang berasal dari Asia Tenggara, sekaligus nama buahnya yang bisa dimakan. Pusat keanekaragaman durian adalah Pulau Kalimantan. Daerah-daerah sekitarnya juga memilki beberapa plasma nutfah durian, seperti Mindanao, Sumatera, dan Semenanjung Malaya meskipun tidak semelimpah Kalimlantan.

Penyebab Kelangkaan 
Penyebab kelangkaan tanaman durian ini adalah karena diambil terus menerus untuk dimakan buahnya.

Cara Pelestarian
Cara pelestarian buah ini adalah dengan cara memperhitungkan jumlah buah yang akan diambil dari pohon dan tidak mengambil terlalu banyak.







 
Enau (Arenga Pinnata)

Enau atau aren (Arenga pinnata, suku Arecaceae) adalah palma yang terpenting setelah kelapa (nyiur) karena merupakan tanaman serba guna. Palma yang besar dan tinggi, dapat mencapai 25 m. Berdiameter hingga 65 cm, batang pokoknya kukuh dan pada bagian atas diselimuti oleh serabut berwarna hitam yang dikenal sebagai ijuk, injuk, juk atau duk. Ijuk sebenarnya adalah bagian dari pelepah daun yang menyelubungi batang. Pohon enau menghasilkan banyak hal, yang menjadikannya populer sebagai tanaman yang serbaguna, terutama sebagai penghasil gula.

Penyebab Kelangkaan 
Penyebab kelangkaan enau (aren) adalah karena enau mempunyai banyak kegunaan, sehingga banyak diambil manusia untuk berbagai kebutuhan.

Cara Pelestarian
Cara pelestarian aren adalah memperhitungkan jumlah aren  yang akan diambil dari alam.






 
Mimba (Azadirachta Indica)

Tanaman langka ini mempunyai nama lain Mimbo atau Mimba. Tanaman langka ini merupakan pohon yang tinggi (Arbor) batangnya dapat mencapai 20 m bahkan lebih. Kulit batangnya tebal, batang agak kasar, daun menyirip genap, dan berbentuk lonjong dengan tepi bergerigi dan runcing, sedangkan buahnya merupakan buah batu dengan panjang 1 cm. Buah mimba dihasilkan dalam satu sampai dua kali setahun, berbentuk oval, bila masak daging buahnya berwarna kuning, biji ditutupi kulit keras berwarna coklat dan didalamnya melekat kulit buah berwarna putih. Tanaman ini bisa digunakan sebagai pestisida nabati. Karena daun mimba mengandung senyawa-senyawa yang dapat mengendalikan hama tanaman, diantaranya adalah sitosterol, hyperoside, nimbolide, quercetin, quercitrin, rutin, azadirachtin, dan nimbine. 

Penyebab Kelangkaan
Sama seperti enau, mimba memiliki banyak kegunaan. Maka itu banyak diambil oleh manusia dan menyebabkan tanaman ini semakin hari menjadi semakin langka.

Cara Pelestarian
Cara pelestariannya adalah memperhitungkan jumlah aren  yang akan diambil dari alam supaya jika diambil, masih tersedia sisa nya dan menanam kembali bibit mimba.







 
Tembesu (Fagraea Fragrans)

Termasuk kedalam famili Loganiaceae. Daerah penyebarannya Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Jawa Barat, Maluku, dan Irian Jaya. Tempat tumbuh pada tanah datar dan sarang atau tempat yang tidak becek, tanah liat berpasir, dengan type curah hujan A sampai B pada ketinggian 0–500 dpl. 

Penyebab Kelangkaan
Penyebab kelangkaan tembesu adalah karena banyak diambil oleh manusia.

Cara Pelestarian
Cara pelestarian tembesu adalah menanam kembali pohon tembesu setelah menebangnya.







 
Jelutung atau jelutong (Dyera costulata, syn. D. laxiflora)

Jelutung atau jelutong (Dyera costulata, syn. D. laxiflora) adalah spesies pohon dari subfamilia oleander. Pohon ini dapat tumbuh hingga 60 meter dengan diameter sebesar 2 meter. Pohon ini tumbuh di semenanjung Malaysia, Kalimantan, Sumatra dan bagian selatan Thailand.

Penyebab Kelangkaan
Penyebab kelangkaan jelutung adalah habitat yang rusak.

Cara Pelestarian
Cara pelestarian jelutung adalah menjaga, merawat, dan mengembangkan habitat jelutung dan menanam bibit jelutung jika menebangnya, juga melakukan tebang pilih.