Antisipasi aksi tawuran, Materi Pendidikan Berkarakter Diperkuat

Rembang-Dinas Pendidikan diharapkan memperkuat materipendidkan berkarakter yang sudah digulirkan. Khususnya dalam materi wawasankebangsaan, ketahanan bangsa dan pendidikan etika.

Hal tersebut diungkapkan Komandan KODIM 0720 Rembang, Letkol Dedy JusnarHendrawan saat dikonfirmasi terkait adanya tawur pelajar beberapa hari lalu.Disebutkan pihaknya sangat prihatin karena Rembang yang sekian lama kondusifdikotori oleh aksi perkelahian antar pelajar yang nota bene adalah generasimuda calon pemimpin bangsa.

Untuk itu lanjut Letkol Dedy, pihaknya dalam waktu dekat akan bertemudengan Kepala Dinas Pendidikan setempat, membicarakan penguatan materi dalampendidikan berkarakter yang implementasinya dapat mencegah terjadinya tawurpelajar. Muatan pengetahuan wawasan kebangsaan, ketahanan bangsa, bela negara,persatuan dan kesatuan serta pendidikan etika harus mendapat porsi lebih disekolah.

Terpisah, Kapolres Rembang AKBP Adhy Fandy Ariyanto saat dikonfirmasimenyatakan bahwa tanggungjawab terhadap  pelajarmeliputi 3 hal. Pertama dari sekolah, selain mendidik juga harus mengajarkanpendidikan etika, sosial dan hukum. Juga perlu dibuat aturan tegas dan sanksiberat terkait kenakalan pelajar yang di luar batas.

 kedua dari orang tua atau wali,harus mengawasi serta memperhatikan pergaulan anaknya di luar lingkungansekolah, jangan sampai terlibat pada hal-hal negatif. Ketiga peran sertamasyarakat, apabila mengetahui akan ada atau terjadi tawur antar siswa, segera melaporkan  ke aparat keamanan.

Ditambahkan,  untuk memantaumunculnya aksi perkelahian,pihak kepolisian akan menambaah dan meningkatkan patroli saat jam sekolah usai. ( heru)