Beruang Kutub Semakin Terancam Punah

Bernama latin Usus Maritimus (polar bear) adalah hewan mamalia laut besar, termasuk spesies circumpolar yang berada dibenua paling utara bumi yang terancam punah, benarkah?

Hewan Karnivora ini memiliki berat 400-500 kg atau terkadang bisa melebihi 600 kg, dan memiliki tinggi mencapai lebih dari 2,5 meter. Sedangkan betinanya hanya mempunyai separuh berat dan tinggi dari jantan. hewan ini mempunyai indra penciuman yang menakjubkan, mereka dapat mencium bau bangkai ikan paus atau anjing laut dari jarak 20 mil.
Makanan utama mereka adalah ikan dan anjing laut, kekuatan utama pada saat berburu terdapat pada cakar dan pukulan kaki depan beruang kutub. Mereka juga harus memenuhi asumsi lemak sebanyak 2kg per hari untuk dapat bertahan di suhu yang amat dingin.



Beruang kutub adalah perenang yang handal karena dapat berenang sejauh 60 mil tanpa berhenti.elenjar minyak pada kulitnya dapat meminyaki bulunya dengan baik sehingga tahan air dan membuat tubuhnya tetap kering selama berenang. tetapi bulu-bulu mereka akan rontok pada musim panas di Kutub Utara terutama pada bulan Mei - Juni untuk menjaga kestabilan suhu tubuh.

Menurut pernyataan dari Lembaga Survei Geologi Amerika Serikat (USGS, dua per tiga populasi beruang Kutub akan punah pada pertengahan abad 21. Dalam beberapa dekade Kutub Utara (Artik) akan kehilangan lapisan es yang sangat besar. Para ahli bahkan memperkirakan bahwa 40 persen habitat beruang Kutub akan musnah pada tahun 2050.

Oleh karena itu, pada akhir tahun 1990-an, komunitas pengembangan kawasan masyarakat di Chocrane, Kanada, mendirikan The Polar Bear Conservation and Education Habitat and Heritage Village. Pusat rehabilitasi non-profit ini dibuat khusus untuk melindungi Beruang kutub. Dibuka selama 365 hari tanpa libur kepada semua masyarakat yang peduli dengan populasi Beruang kutub yang terancam punah, untuk mendapatkan pengetahuan, pembelajaran, serta pengalaman langsung merawat Beruang kutub.


Sumber