Boiler Perusahaan Pengalengan Ikan Meledak, Tujuh Pekerja Terluka

Banyuwangi - Boiler penampungan uap milik PT Pasifik Harvest di Dusun Duaraan, Desa Kedungrejo, Kecamatan Muncar, Banyuwangi, meledak, Senin (5 Maret 2012) sore. Akibat musibah itu, tujuh pekerja perusahaan pengalengan ikan itu dilaporkan mengalami luka parah.

Dari informasi yang dihimpun, kecelakaan kerja itu terjadi sekitar pukul 16.00 Wib. Diduga boiler meledak karena peralatan yang tidak bekerja dengan baik. Aliran uap tidak lancar sehingga menimbulkan tekanan berujung ledakan.

"Diduga uap yang dialirkan tidak lancar," kata Kapolsek Muncar Kompol Mustaqim, pada detiksurabaya.com, seusai olah TKP.

Meski begitu, polisi masih melakukan penyelidikan untuk mengungkap penyebab pasti kejadian tersebut. Polisi sudah melakukan olah TKP dan memintai keterangan sejumlah saksi.

"Masih dalam penyelidikan," lanjutnya.

Sementara itu, para korban rata-rata mengalami luka bakar di sekujur tubuhnya. Kulit mereka melepuh akibat terkena semburan uap panas dari boiler yang meledak.

Dari tujuh korban baru empat orang yang diketahui identitasnya. Yaitu, Yatmo, Ponidi, Kasiati dan Yadi. Keempatnya karyawan yang bertugas di Boiler. Mereka dirawat di rumah sakit yang berbeda.

"Tiga korban lainnya luka lebih serius dirujuk ke malang,“ tandas Mustaqim.

Sementara itu, peristiwa tersebut mengundang perhatian dari masyarakat. Ratusan warga memadati lokasi untuk menyaksikan apa yang terjadi. Hingga petang tadi warga masih berkerumun.

Satpam terlihat berjaga di pintu bangunan tempat kejadian. Wartawan tidak diperbolehkan masuk dan hanya mengambil gambar dari kejauhan.[Detik]