Entrepremeur Cerdas Finansial : Fokus Kembangkan Bisnis

Berbeda jauh antara MEMULAI BISNIS dan MENGEMBANGKAN BISNIS karena bisa dibilang dua hal ini ada dalam kamar yang berbeda gan. Yang satu banyak ke arah MOTIVASI masalah BERANI-BERANIAN untuk memulai bisnis, sedangkan kamar yang satunya lagi banyak fokus pada MANAGERIAL SKILL, kemampuan agan dalam menjalankan dan mengembangkan bisnis. 

Bicara kemampuan managerial dari agan, maka hal2 yang harus dikuasai semuanya berkaitan dengan ilmu-ilmu manajemen. Jadi untuk bisa mengembangkan bisnis agan dengan baik, agan harus menguasai ilmu2 manajemen tapi dari sudut pandang yang berbeda yaitu agan sebagai bisnis owner bukan sebagai karyawan.

Dalam kurikulum pendampingan UKM Indonesia yang dikembangkan PILLAR Business Accelerator, maka ada 6 hal yang harus agan kuasai, paling tidak prinsip2 dasarnya agar agan bisa memanage bisnis agan dengan jauh lebih baik.

6 hal yang harus agan kuasai dalam mengembangkan bisnis agar agan bisa menjadi salah satu Entrepreneur Indonesia yang Cerdas Finansial :

1. Aspek Sales & Marketing
Agan harus menguasai dasar2 ilmu marketing dan sales yang bisa diaplikasikan secara sederhana di lapangan. Buku2 teori manajemen yang ada di pasaran relatif cukup rumit dan kompleks. Yang agan perlukan adalah yang sederhana dan mudah diaplikasikan di lapangan.
Kalau yang seperti ini tidak ada di buku gan.... agan harus dapatkan ilmu STREET SMART nya dari pelaku bisnis di lapangan, persis seperti mentor2 bisnis di PILLAR yang kesemuanya adalah pebisnis. Makanya ane bilang carilah mentor bisnis agan sendiri.... jangan jalan sendirian.

Modul Sales Acceleration adalah modul yang dikembangkan dengan fokus meningkatkan kinerja penjualan dari bisnis agan. Titik berat pembahasan banyak kepada penguasaan teknik2 aplikatif di lapangan untuk sales dan marketing untuk business owner

2. Aspek Keuangan
Agan paling tidak harus bisa membaca laporan keuangan perusahaan agan. Gak perlu sampe bisa bikin gan... cukup bisa membacanya saja.
Bayangkan kalo agan gak bisa baca laporan keuangan dan agan jadi gak tau bisnis agan hari ini lagi untung atau rugi? Ngeri banget ya gan....

Agan sebagai bisnis owner memang tugasnya mengambil keputusan bisnis thd usaha agan dengan berdasarkan data2 keuangan yang ada.

Profit Acceleration itu jawaban Pillar terhadap kebingungan agan dalam menguasai ilmu MEMBACA dan MENGAMBIL KEPUTUSAN Finansial terhadap bisnis agan.


3. Aspek Pengembangan System
Nah banyak agan yang kebingungan biasanya kalo bicara system. System itu apa ya gan?
Ya system itu sederhanaya begini, agan membuat diokumentasi tertulis atas semua kegiatan bisnis yang agan lakukan sampai sekecil yang mungkin agan bisa petakan atau bahasa sederhanya TULIS APA YANG AGAN LAKUKAN DAN LAKUKAN APA YANG AGAN TULIS.
Keseluruhan apa yang agan tulis dalam usaha agan itu diesbut SOP (System Operating Procedure) atau dengan kata lain itu adalah buku manual untuk menjalankan bisnis agan, sehingga siapapun bisa jalankan bisnis agan tanpa agan harus menunggui bisnis itu agar tetap berjalan

Program mentoring bisnis System Development adalah program pendampingan yang dikembangkan oleh Pillar untuk agan yang ingin fokus memetakan system bisnis agan, membuat SOP sampai kepada bagaimana memfranchisekan bisnis agan

4. Aspek Pengelolaan Orang/Tim
Aspek ini penting sekali kalau bisnis agan mau bertambah besar. Kalau semua agan kerjakan sendiri, bisa dipastikan bisnis agan berkembang dengan lambat bila dibandingkan bisnis agan dikerjakan bersama tim.
Nah kemampuan agan mengelola orang menjadi sangat penting. Banyak ilmu2 dasar tentang bagaimana mengelola orang dalam tim agar bisa mencapai tujuan bersama/kolektif.
Pillar memahami betul hal ini sehingga dalam mentoring bisnis yang dilakukan modul Poeple Management menjadi modul tersendiri yang dibahas secara khusus.

5. Aspek Pengelolaan Diri
Sebagai bisnis owner, aspek ini sangat penting agan kuasai karena sebagai bisnis owner agan gak punya atasan kecuali Tuhan. Nah disini nanti akan banyak bab-bab ujian kehidupan yang soalnya dibuat langsung oleh Tuhan dan KHUSUS untuk agan pula.

Dalam program mentoring bisnis dari Pillar,aspek pengelolaan diri ini akan dibantu dengan teknik2 theraphy dan coaching dari mentor2 bisnis Pillar yang bersertifikasi sesuai dengan permasalahan yang dihadapi agan dan bisnis agan

6. Aspek Investasi dan Pengembangan Usaha
Nah ini adalah ilmu yang ane tulis di trit sebelumnya yang judulnya Entrepreneur Indonesia Harus Cerdas Finansial. Arus kas yang agan dapatkan dari bisnis itu jangan ditabung semua gan, habis nanti digerus inflasi. Putarlah di titik2 penting dalam bisnis dan investasi yaitu : Waralaba, Logam Mulia, Property dan Investasi Sektor Keuangan.

Demikian gan acara nulis2 artikel dari ane sambil ngupi pagi.... semoga agan bisa lebih serius mengembangakn bisnis, dengan metode dan kurikulum yang standard sehingga bisa mengurangi biaya trial dan error yang tidak perlu


Selamat BERBISNIS dan BERAKTIVITAS gan....... !!