Gak Berani Mimpi? Jangan jadi Pebisnis !!

Berani, dan praktek langsung adalah modal utama untuk masuk dalam duniaentrepreneur

Itu gan, kata2 pamungkas dari Sobat kita yang satu ini, Hendro Sugiarto,entrepreneur muda yang punya tekad untuk mandiri secara ekonomi. 

Kata doi lagi gan, jangan pernah ragu untuk bermimpi. Nggak pernah ragu untuk bermimpi itu yang akhirnya membawa doi berani membangun bisnis sejak awal. Keberanian doi ini, didapet nggak secara cuma2 gan, doi cukup aktif ikut seminar dan pelatihan bisnis di berbagai tempat. Doi bahkan berani merogoh kocek yang bisa dibilang lumayan besar untuk ukuran mahasiswa. Doi pernah ngeluarkan kocek sampe Rp 800.000 untuk satu kali seminar bisnis. Lumayan ya gan, kalau beli cendol dapet berapa gelas y??hhe 

Oya, ane belum kasih tau nih bisnisnya Agan Hendro...hhe. Doi punya bisnis jamur gan, budidaya dan pembibitan jamur tiram, yang doi kasih brand Saung Suung, dengan tagline Rajana Suung. Dengan bisnis jamurnya ini, doi berhasil jadi Juara Area Jabar Banten untuk kategori Distribusi di ajang Sosro Joy Green Tea Youth Business Competition 2011. Wah, hebat ya gan..!


Tekad Agan Hendro untuk menjadi entrepreuner makin kuat, pasalnya doi pingin memperbaiki ekonomi keluarga. Selain itu doi juga punya cita-cita untuk ciptakan lapangan kerja bagi pemuda-pemuda di lingkungannya. Doi yakin bahwa duniaentrepreneur adalah pilihan utama bukan alternatif. "Kebanyakan orang memilih menjadi enterpreuner karena tidak ada pilihan, namun saya ingin menjadikan dunia enterpreuner sebagai pilihan utama untuk mencari penghasilan," kata Hendro yang berusia 26 tahun ini.  

Saat memulai usahanya, tahun 2009, doi memberanikan diri mengumpulkan suntikan (kayak mantri aja ya pake suntikan..hihi) modal dari sanak keluarga. Akhirnya, alhamdulillah terkumpul sejumlah uang, nggak cuma itu, doi juga dapet kepercayaan untuk mengolah lahan nganggur yang ada sekitar rumahnya di Garut. Kesempatan ini doi manfaatkan sebaik mungkin gan, doi percaya bahwa dengan memanfaatkan peluang maka akan sukses dimasa mendatang. Ane jadi punya tagline bari nih gan, “Dimana ada Peluang disitu ada Uang!!” Hhe :

Dengan modal uang dan lahan tersebut doi punya ide untuk bercocok tanam Jamur Tiram. Prospek bisnis jamur ini terbilang menjanjikan, karena permintaannya banyak dari pasar trandisional hingga ke pasar modern. Selain produk jamur mentah, doi juga buka konsep kedai jamur yang menjual berbagai macam olahan jamur seperti sate Jamur, Nugget Jamur, Yogher Jamur, Paha Ayam Jamur dan lain-lain. Kreatif juga ya gan, jadi bukan sekedar jamur mentah. 

Bagi agan Hendro, pengalaman mengikuti Sosro Joy Green Tea Youth Business Competition 2011 membuatnya lebih PeDe. Saat sebelum mentoring bisnis doi Cuma punya omzet Rp 400.000 perbulan. Nah setelah mentoring doi bisa meraup omset sampe Rp 23 juta perbulan. Wah, mantabz...!!

Kata agan Hendro lagi, membangun bisnis itu perlu pendampingan. Banyak enterpreuner yang membangun bisnis butuh waktu yang cukup lama, dengan jatuh bangun. Dengan adanya pendampingan, proses membangun bisnis ini bisa lebih dipercepat dan meminimalisir resiko kegagalan. Betul baget tuh Kang, ane setujuuu..!^^:

Nah, itu gan, profil bisnis yang bisa ane share kali ini, Agan Hendro dengan Saung Suung-nya, kira2 apa ya gan pelajaran yang bisa kita ambil?? Apa hayoo??

Cekidot gan...!


1. Sikap Mental: BERPIKIR POSITIF, BERANI & PERCAYA DIRI. Bisnis butuh KEBERANIAN dan PERCAYA DIRI gan,kalau nggak, ya nggak bakalan jalan. Bisnis juga butuh BELAJAR dan butuh PENDAMPING bisnis biar lebih berkembang. Jadi nggak sekedar berani dan nekat ya gan. 
2. Berdayakan SUMBERDAYA yang ada. Nggak punya modal nggak berarti nggak bisa bangun bisnis gan. Karena modal nggak selalu melulu uang, dan nggak mesti uang kita pribadi. Kita bisa ajak sanak keluarga dan potensi lain seperti lahan yang kita punya. 
3. Manfaatkan PELUANG. Coba agan telaah (halah...sok ilmiah baget ya gan!hhhe) peluang2 apa yang ada disekitar agan, siapa tau bisa jadi bisnis yang okeh n potensi pasarnya luas. 

Nah, hayo.. ada peluang apa nih yang ada disekitar agan, abis itu kolaborasikan dengan potensi yang ente punya gan..