Harimau Tasmania Belum Punah


Terakhir kali harimau tasmania  mati di kebun binatang di Hobart, Australia, pada tahun 1930-an. Tetapi banyak pula laporan laporan penampakan hewan ini dam mengesan kan hewan in belum punah tetapi hanya bersembunyi, benarkah?





Harimau Tasmania bernama Latin Thylacine cynocephali, atau biasa disebut thylacyne saja, adalah hewan berkantung atau masupial. hewan ini tergolong jenis karnivoran dan ukuan hewan ini seukuran anjing besar. memiliki 12 loreng dan ber ekor tebal. Mereka hidup di pedalaman hutan Australia. biasa memangsa ternak seperti biri-biri dan kerap di buru para peternak karena di anggap predator bagi para peternak. Hewan ini terus diburu bertahun-tahun untuk mendapatkan hadiah dan bersamaan dengan makin masuknya pemukiman manusia kedalam habitat hewan ini. penyakit yang miri dengan distemper menurunkan drastis populasi mereka pada awal abad ke-20.


Banyak laporan penampakan hewan tersebut setiap tahun diterima oleh para penjaga taman nasonal, tetapi sampai saat ini tidak ditemukan jejak, bulu, tubuh atau bukti bahwa hewan ini masih ada. Sejumlah ahli berpendapat hewan ini memilih daerah yang lebih terpencil di pulau itu. 
Menurut para ahli itu juga, hewan lainya, hamtu Tasmania, barangkali yang menyebabkan tidak ditemukannya bangkai thylacine. Para hantu itu tampaknya memakan semianya, tulang belulang, bulu dan daging ketika mereka menemukan bangkai di alam terbuka.

Sumber :  Buku Himpunan Pengetahuan Dunia, Penyusun Ernes, Penerbit Restu Agung