Katak Paling Mematikan

Secara umum dikenal sebagai katak anak sumpit beracun, amfibi ini tidak butuh penyamaran di habitat aslinya di Amerika Tengah dan Selatan karena warna-warni mereka yang mencolok, cukup untuk membunuh predator dengan racun yang siap mengalir melalui pori-pori mereka.

Penduduk setempat yang menggunakan sumpit, mengoleksi ujung anak sumpit mereka pada kulit katak Phyllobates tembillis. Racun katak yang menyebabkan kekejangan otot dan gagal jantung ini, tetap potensial selama satu tahun. Diluar nama mereka  hanya 55 dari 135 jenis katak anak sumpit beracun yang diketahui, yang memiliki racun, dan hanya tiga jenis yang racunya di pakai melumuri ujung anak sumpit.


Tiap kelompok katak, mengeluarkan ramuan kimianya sendiri. sejumlah substansi kimia ini bisa bermanfaat untuk manusia , misalya sebagai penghilanng rasa sakit atau obat pacu jantung. sekali ditangkap, katak-katak ini menjadi kurang beracun, barangkali karena menu alamiah mereka terutama serangga tropis seperti semut tropis tidak bisa diberikan didalam terarium. Anak yang dihasilkan dari tetua katak yang ditangkap, menjadi tak beracun.



Sumber : Buku Himpunan Pengetahuan Dunia, Penyusun Ernes, Penerbit Restu Agung