Lemur, Spesies Baru Terancam Yang Punah

Para ilmuan berhasil menemukan Lemur tikus sejenis primata mungil yang mendiami hutan rimba di pulau Madagaskar. Penemuan Spesies primata baru amatlah penting karena hal itu jarang terjadi. Kepastian penemuan spesies baru telah dikonfirmasikan.

Ukuran tubuh lemur tikus spesies baru itu tidak lebih panjang dari telapak tangan manusia dewasa. Hewan tersebut memakan tumbuh-tumbuhan, berbagai macam buah, dan beragam kumbang yang berada di atap hutan rimba. Seperti lemur lainya, spesies baru hewan malam ini memiliki hidung dan ekor panjang serta bermata besar

Dalam penyelidikannya para ahli menggunakan uji genetika dan mengamati perbedaan-perbedaan kecil pada tengkorak dan gigi hewan tersebut untuk memastikan penemuan spesies baru itu.


Lemur adalah salah satu hewan yang terancam kepunahan yang mendiami Pulau Madagaskar dan lokasi tetangganya Kepulauan Komoro. Musnahnya hutan di kawasan ini menjadi penyebab utama kepunahan mereka.

Hanya 10 persen hutan yang tersisa di madagaskar, sisanya dibabat oleh pengembang pemukiman dan petani. Sejumlah ahli percaya bahwa 10 persen spesies primata dunia akan punah dalam satu atau dua dekade mendatang. Lemur adalah salah satu hewan teratas dalam daftar kepunahan tersebut.


Sumber :  Buku Himpunan Pengetahuan Dunia, Penyusun Ernes, Penerbit Restu Agung