Meerkat Kebal Terhadap Racun

Meerkat bukanlah kucing. Mamalia ini termasuk mongoose, dan meninggali kawasan gurun Kalahari. Berbeda dengan momgoose lainya, meerkat adalah binatang yang sangat menyukai sosialisai, tinggal dalam sebuah kelompok geng yang terdiri dari 5-30 anggota.

Meerkat dewasa bisa mencapai tinggi 20 sentimeter dan berat 0,9 kg. mereka kadang-kadang berdiri tegak dengan mengandalkan ekor panjangnya sebagai penyeimbang mengintai clon korban. mereka biasanya aktif pada siang hari, bersembunyi pada malam hari di dalam lubang di tanah yang mereka tinggali bersama mamalia lain. Yang mengherankan, merrkat akan berbagi satu kakus bersama dengan anggota liang yang sama.


Meerkat kebal terhadap racun kalajengking dan makhluk penyengat lain yang tinggal di padang pasir. Mereka juga memakan reptil dan mamalia kecil, serta akar tanaman dan umbi-umbian. Mereka sangat melindungi daerah jelajah mereka, dan akan melindungi lubang mereka dari geng meerkat lainnya. Namun ketika makanan menipis koloni mereka akan berpindah tempat untuk mencari tempat lain yang menyediakan makanan.



Sumber : Buku Himpunan Pengetahuan Dunia, Penyusun Ernes, Penerbit Restu Agung