Perkembangan Kabel HDMI


Kabel HDMI (High-Definition Multimedia Interface) berguna untuk menyampaikan data audio dan video secara digital, sesuai untuk ditampilankan pada layar berkualitas HD (High-Definition). Keunggulan HDMI dari kabel Component / RCA, adalah kualitas tinggi pada hasil konversi audio dan video yang melalui kabel HDMI tersebut. Selain itu HDMI juga hanya menggunakan satu port, sedang pada kabel Component membutuhkan tiga port untuk mengkonversikan audio dan video.
Perkembangan Kabel HDMI Image
HDMI memiliki beberapa versi kabelnya, yaitu:
  • HDMI 1.0, muncul pada Desember 2002, dengan bit rate maksimum 4.9Gbps. Bisa melakukan pemutaran video hingga 165 Mp/sec.
  • HDMI 1.1, dirilis dibulan Mei 2004, feature sama dengan 1.0 hanya menambahkan system perlindungan pada Audio DVD.
  • HDMI 1.2, dirilis sekitar Agustus 2005.
  • HDMI 1.3,  muncul pada 22 Juni 2006, dengan kualitas resolusi gambar yang bagus karena bandwith yang digunakan lebih tinggi.
  • HDMI 1.3a, diluncurkan pada 10 November 2006, arsitektur sama dengan versi 1.3 hanya perbaikan pada kualitas suara(audio).
Perkembangan Kabel HDMI Image
HDMI 1.3a telah mendukung output audio dari Dolby TrueHD dan DTS-HD Master Audio, yang merupakan format codec audio pada DVD HD dan Blu-ray Disc. Dengan menggunakan HDMI 1.3a, anda akan merasakan sensasi audio yang jernih dari DVD HD dan Blu-ray Disc. Resolusi display mencapai maksimal 1440p untuk ditampilkan pada layar lebar (Wide).
Kabel HDMI memiliki beberapa jenis/bentuk, tergantung dari hardware atau gadget yang digunakan. Untuk HDMI Micro kebanyakan digunakan pada Handycam HD dan Smartphone, sedangkan HDMI Mini umumnya terdapat pada Tablet PC dan beberapa gadget portable lain.
Perkembangan Kabel HDMI Image
Seiring kemajuan tekhnologi, saat ini telah marak film yang berkualitas 3D. Perusahaan-perusahaan besar LCD pun saat ini telah mengeluarkan type TV LCD yang mendukung 3D. Untuk mengejar ini, hadir HDMI versi 1.4 yang mendukung gambar berkualitas 3D. Pada seri 1.4 juga sangat mendukung “extremely high HD resolutions”, untuk menampilkan film dengan resolusi sama seperti yang diterapkan pada Bioskop Cinema.
Dukungan resolusi 4K x 2K oleh HDMI versi 1.4, secara efektif merupakan 4x pixel yang sempurna dari perangkat 1080p yang ada saat ini. Warna yang dihasilkan sangat akurat, karena mendukung sYCC601, Adobe RGB, dan Adobe YCC601 saat anda melihat foto pada Televisi Digital.
Perkembangan Kabel HDMI Image
Kelebihan lain dari HDMI versi 1.4 adalah terdapat saluran Ethernet yang memungkinkan untuk mengirim dan menerima data dengan kecepatan Ethernet (+ 100Mbps), hingga tidak dibutuhkan lagi kabel LAN/Ethernet secara terpisah.
Selain tingkatan versi HDMI yang membedakan kualitas tampilan video – audionya, bahan dan panjang kabel juga mempengaruhi kualitas yang dihasilkan dari kabel HDMI.
Secara kasat mata, kabel HDMI dengan bahan yang tebal dan padat memiliki kualitas yang bagus.