Sawfish, Hewan Langka dan Dilindungi

Sawfish, juga dikenal sebagai Shark Carpenter, adalah keluarga dari Pari-pari, ditandai dengan moncong, hidung ekstensi panjang lebar. Beberapa spesies dapat tumbuh menjadi sekitar 7 meter atau 23 kaki. Keluarga secara keseluruhan adalah sebagian besar tidak diketahui dan sedikit dipelajari. Mereka adalah anggota keluarga yang hidup Pristidae tunggal dalam rangka Pristiformes, dari pristēs Yunani Kuno (πρίστης) yang berarti "sebuah penggergaji" atau "gergaji".


Fitur Sawfish yang paling khas adalah mimbar-seperti gergaji. Mimbar ditutupi dengan pori-pori dan gerak-elektro-sensitif yang memungkinkan Sawfish untuk mendeteksi gerakan dan bahkan detak jantung dari persembunyian mangsa di bawah dasar laut. Mimbar berfungsi sebagai alat untuk menggali menggali krustasea dikuburkan. Ketika mangsa yang cocok dengan berenang, mata air Sawfish biasanya lesu dari bawah dan garis miring itu dengan gergaji nya. Ini biasanya stuns atau melukai mangsanya dan Sawfish cukup untuk melahapnya. Sawfish juga membela diri dengan mimbar mereka, melawan kemasukan penyelam dan predator seperti hiu. "Gigi" menonjol dari mimbar gigi tidak nyata, tetapi dimodifikasi gigi seperti struktur disebut dentikel.


Tubuh dan kepala ikan hiu todak sebuah yang datar, dan mereka menghabiskan sebagian besar waktu mereka berbaring di dasar laut. Seperti sinar, mulut dan lubang hidung ikan hiu todak sedang undersides datar mereka. Mulut dipagari dengan kecil, berbentuk kubah gigi untuk makan ikan kecil dan krustasea, kadang-kadang menelan ikan mereka keseluruhan. Sawfish bernapas dengan dua spirakel tepat di belakang mata yang menarik air ke insang. Kulit ditutupi dengan dentikel kulit kecil yang memberikan ikan tekstur kasar. Sawfish adalah abu-abu biasanya terang atau coklat, sedangkan ikan hiu todak smalltooth, Pristis pectinata, muncul hijau zaitun.

Seperti elasmobranchi yang hidup lainnya, Sawfish tidak memiliki kandung kemih berenang dan menggunakan, besar berisi minyak hati untuk mengendalikan daya apung. Rangka tubuh mereka terbuat dari tulang rawan. Mata Sawfish belum berkembang karena habitat berlumpur mereka. Mimbar adalah perangkat sensorik utama. Usus yang berbentuk seperti pembuka botol, yang disebut spiral-katup.


Sawfish ditemukan di daerah tropis dan sub-tropis di Atlantik dan Indo-Pasifik. Mereka mendiami daerah pesisir seperti teluk dan muara, tapi sering menembus jauh ke sungai dan danau besar seperti Danau Nikaragua. Sawfish hanya hidup di dangkal, air berlumpur dan dapat ditemukan di air tawar dan air asin. Semua ikan hiu todak memiliki kemampuan untuk melintasi antara ikan segar dan air asin.

Sawfish aktif di malam hari, biasanya tidur di siang hari, berburu di malam hari. Meskipun penampilan yang menakutkan, mereka tidak menyerang orang kecuali diprovokasi atau terkejut.
Umur Sawfish sekitar 25 sampai 30 tahun.


Semua jenis Sawfish dianggap terancam punah. Mereka sengaja tertangkap sebagai bycatch di jaring ikan dan diburu untuk mimbar mereka (yang dihargai sebagai rasa ingin tahu oleh beberapa), sirip mereka (yang dimakan sebagai makanan lezat), dan minyak hati mereka untuk digunakan sebagai obat.Sementara sirip dari spesies hiu banyak digunakan dalam perdagangan, spesies hiu tertentu telah diidentifikasi selama berabad-abad sebagai memasok sirip paling lezat dan paling lezat. Hiu-seperti pari-pari (yang sawfishes dan sinar shovelnose) memasok sirip kualitas tertinggi. Seperti yang diamati oleh satu dari risalah yang mengarah pada perdagangan hiu, "The ... sirip ... dari guitarfish putih berbintik [Rhynchobatus spp.] Dianggap paling berharga. Spesies hiu yang lebih disukai untuk sirip adalah harimau, mako, ikan hiu todak, pasir, banteng, martil, Blacktip, porbeagle, perontok dan hiu biru. "sirip dari sawfishes sangat terancam" yang sangat disukai di pasar Asia dan beberapa dari sirip hiu yang paling berharga. "Sawfishes sekarang dilindungi di bawah tingkat perlindungan tertinggi Konvensi Perdagangan Internasional Spesies Langka (CITES), Appendix I, tetapi mengingat volume yang besar dari perdagangan sirip hiu, dan bahwa sirip hiu terpisah sulit untuk mengidentifikasi, adalah tidak mungkin bahwa perlindungan CITES akan mencegah sirip ikan hiu todak memasuki perdagangan. Menangkap Sawfish adalah ilegal di Amerika Serikat dan di Australia. Penjualan smalltooth Sawfish rostra juga dilarang di Amerika Serikat di bawah Undang-Undang Spesies Terancam Punah (ESA).
Perusakan habitat merupakan ancaman bagi Sawfish.Sementara populer di akuarium publik, sawfishes sulit untuk mempertahankan karena ukuran mereka. Mereka mungkin memerlukan berbagai habitat, termasuk air laut dan air tawar untuk melengkapi siklus hidup mereka. Akibatnya, penangkaran telah menghasilkan sangat sedikit keberhasilan, sejauh ini terbatas pada satu spesies (P. pectinata) di sebuah akuarium tunggal (Atlantis Paradise Island).


Sumber