Wirok Ekor Pendek (Curut)

Wirok Ekor Pendek  atau dengan nama latin Bandicota Bengalensis, berasal dari benua India. Pada saat ini sudah menyebar di Pakistan hingga Myanmar, Sri Lanka, Pulau Pinang dan Jawa.
Bandicota bengalensis terdiri daripada lima subspesies yang berlainan.

Kelima-lima spesies tersebut ialah Bandicota bengalensis bengalensis, Bandicota bengalensis kok, Bandicota bengalensis gracilis, Bandicota bengalen siswardi dan Bandicota bengalensis varius.


Bandicota bengalensis mempunyai bulu-bulu yang pendek dan kasar, dengan bagian dorsalnya berwarna gelap (kelabu gelap dan coklat kehitaman), sedangkan bagian ventralnya berwarna kelabu cerah dengan kuning kecoklatan. Kaki depannya mempunyai empat jari berkuku sedangkan kaki belakang mempunyai lima jari berkuku. Moncong tikus ini adalah luas, lebar dan pendek dan seakan-akan berbentuk bulat berbeda dengan tikus lain.

Habitat dari hewan ini lebis sering berada di tempat yang kotor, lembab dan bau seperti selokan dan gorong-gorong, tetapi sering pula ditemukan di area persawahan. hewan ini menjadi musuh utama para petani, karena di anggap menjadi hama perusak tanaman padi.

Sumber