WISATA SEHAT: BEBERAPA MANFAAT TERAPI IKAN DI TAMAN WISATA MATAHARI – KAWASAN PUNCAK

Disinyalir Enzim Dithranol (Anthralin) yang dikeluarkan dari mulut ikan ini, bermanfaat selain membantu proses pengelupasan kulit mati secara alami, terapi ikan ini juga berguna untuk menghambat pertumbuhan kulit yang terlalu cepat tumbuh, meningkatkan kelembaban kulit, memperlancar sirkulasi darah, mengurangi dan mengaburkan bekas luka, membantu peremajaan kulit, membuat kulit lebih halus dan bersih. Ikan-ikan ini akan melepaskan enzim dari mulut mereka yang sekaligus membuat kulit terasa lebih lembut juga mencegah pertumbuhan kulit yang tak sehat. Kali pertama orang menyelupkan kaki ke dalam kolam berisi kumpulan ikan ini, akan memberikan sensasi menggelitik, karena sentuhan mulut-mulut ikan akan tepat mampu mengenai simpul-simpul syarap, hingga menimbulkan rasa geli tapi senang, bisa mengenyahkan stres sesaat sambil menikmati udara segar pegunungan yang sejuk dan dapat menenangkan pikiran. Ditambah lagi hisapan-hisapan ini bisa memberikan micromassage di kulit bagian atas.
Wah ketiduran nih saking enaknya terapi ikan
Wah ketiduran nih.......Ibu ini, enak sih diterapi ikan Nilem, di alam terbuka lagi, asyik mau sering kesini..ah!!!!
Selain itu, isapan ikan tersebut untuk melepaskan kulit mati di sekitar telapak dan jari-jari kaki, serta di bagian lainya. Terapi ikan ini dipercaya oleh sebagian masyarakat dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Bagi mereka yang punya bekas luka di telapak kaki sangat baik, karena kulit mati yang warnanya agak menghitam itu akan lepas oleh isapan ikan (asal jangan luka baru/ atau infeksi). Lainnya terapi ikan dapat untuk merelaksasi otot dan mengendurkan urat syaraf, sehingga tidak heran manakala saatnya tidur, tidur kita betul-betul bisa nyenyak/pulas dan begitu bangun tidur badan akan terasa langsung segar.
Jenis ikan ini juga isapan mulutnya dapat menciptakan micro pelling effect yang berfungsi selain membersihkan sel-sel kulit mati, juga akan merangsang pertumbuhan kulit baru sehingga kulit lebih halus dan elastis. Selain memperbaharui kulit dan memperlancar peredaran darah, ikan nilem juga akan menstimulasi titik titik akupunktur yang akan membuat sistem syaraf jadi lebih rileks. Di kota kuningan terapi ikan ini dipercaya oleh sebagian masyarakat dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit, sehingga setiap akhir pekan pengunjung ketempat wisata terapi ikan tersebut padat pengunjung datang dari berbagai pelosok, dari luar kota dan luar pulau hanya untuk terapi ikan ditempat ini.
Lelah setelah bekerja penuh selama berhari-hari? Luangkan waktu Anda untuk melakukan terapi refleksologi ikan. Refleksologi ikan, merupakan salah satu pengobatan alternatif  yang berfungsi memperbaiki kesehatan dengan cara ikan melakukan pijatannya dengan mulutnya yang menyedot-nyedot dan atau menekan-nekan titik tertentu pada tangan dan kaki. Pakar refleksologi meyakini, gangguan pada tubuh terjadi akibat adanya ketidakseimbangan aliran energi dalam tubuh atau karena adanya hambatan aliran energi. Karena itu, dengan menstimulus aliran energi, ketidakseimbangan bisa diperbaiki dan kesehatan kembali pulih.
Manfaat Refleksologi Terapi Ikan Kesehatan juga bisa mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan karena mengalami penyakit, dengan menstimulus pelepasan endorfin, zat penghilang rasa sakit alami tubuh. Saat mengalami stres dan depresi, pembuluh darah cenderung mengencang sehingga aliran darah tertahan. Terapi ini berfungsi mendorong sistem peredaran darah melalui tubuh.
Karena itu sangat efektif mengatasi masalah-masalah psikologi seperti stres dan depresi. Selain itu, refleksologi bisa mengatasi gejala-gejala yang muncul akibat stres dan depresi seperti sakit kepala, masalah lambung dan gangguan tidur. Dalam perkembangan selanjutnya, terapi refleksologi ikan juga digunakan untuk mengatasi penyakit seperti diabetes dan migrain.
Selain itu, refleksologi terapi ikan, juga bisa membantu meringankan asma dengan membersihkan saluran napas. Setiap ketidakseimbangan hormon bisa diperbaiki dengan menstimulus kelenjar pituari, kelenjar yang berfungsi melepaskan hormon-hormon. Selain itu, refleksologi terapi ikan  juga diyakini bisa meningkatkan fungsi sitem limfe yang berfungsi sebagai pertahanan tubuh. Teknik refleksologi ikan dengan posisi tertentu akan mengurangi hambatan dalam sistem limfe dengan cara mengangkat racun-racun dan memastikan fungsinya berjalan lancar.
Terapi ini juga bisa digunakan sebagai tindakan pencegahan dan membuat Anda merasa lebih nyaman. Tekanan pada titik di tangan dan kaki akan membuat badan jadi relaks. Ingin mencoba? Anda bisa mendapatkan pelayanan terapi refleksologi ikan kesehatan di Wahana Terapi Ikan Kesehatan seperti yang ada di Taman Wisata Matahari Kawasan Puncak dan di Supermall Lt.3 Sukabumi. 
Terapi ikan atau juga Fish Pedicure ini lebih menyenangkan ketimbang pedikur biasa karena ikan-ikan ini mengangkat kulit-kulit mati tanpa rasa sakit. Sementara pedikur biasa akan mengikis kulit dengan alat yang jika dilakukan terlalu keras bisa mengikis kulit barunya, hingga timbul luka. Bentuk ikan yang kecil-kecil mampu menjangkau daerah-daerah di sela-sela kaki, seperti di antara jari dan daerah pinggir kuku, sehingga lebih tuntas. Fish Pedicure pun tak menggunakan obat-obatan kimia, sehingga aman untuk kulit, bahkan untuk bayi dan anak kecil sekalipun. Menyegarkan dan membersihkan bagian tubuh yang diterapi, menyembuhkan pegal-linu atau rematik, kaki-badan-kepala terasa jadi enteng, stres jadi hilang dan banyak lagi manfaat yang lainnya (AHT; 2010).