Budidaya Jamur Merang


Jamur merang adalah salah satu jamur yang dapat dikonsumsi oleh manusia. Jamur merang merupakan salah satu komoditas yang cukup menggairahkan,karena jamur ini dapat di gunakan sebagai bahan masakan yang lezat tentunya. Budidaya ini dapat dilakukan sebagai sambilan/hobi namun bernilai ekonomis. Saya sarankan Budidaya Jamur merang menggunakan media kardus karena lebih mudah, cepat masa panennya, dan hasilnya juga lebih bagus. Berikut adalah cara Budidaya Jamur Merang dengan media kardus :
  1. Dalam pembuatan media, kardus yang telah disiapkan dirobek atau di potong menjadi bagian yang kecil-kecil, kemudian rendam atau campur dengan bahan lainnya seperti kapur dan dedak (makanan hewan). Bisa juga ditambahkan dengan bahan alami lainnya, seperi bekatul atau tanaman sayuran. Sebaiknya hindari penggunaan pupuk kimia karena akan merugikan konsumen.
  2. Setelah tercampur, masukkan atau pindahkan media tanam ini ke atas barisan rak di dalam kumbung. Diamkan campuran media ini selama sekitar 5 – 10 hari.
  3. Setelah itu lakukan pasteurisasi atau sterilisasi untuk membunuh bakteri di sekitar kumbun. Saat hal dilakukan bersihkan juga lantai kumbung agar bersih. Kemudian diamkan sehari sebelum ditanam.
  4. Saat penanaman, taburkan bibit jamur secara merata di atas media olahan kardua. Lakukan penanaman saat sore hari untuk menghindari efek panas.
  5. Kemudian perhatikan proses pertumbuhan bibit. Biasanya dalam waktu 3 hari sudah akan mulai tumbuh jamur. Setelah itu lakukan penyiraman setiap 3 hari sekali secara merata.
Dan setelah serangkaian proses diatas, jamur kardus ini akan siap panen dalam waktu 1 hingga 2 minggu dari sejak penanaman. Jamur yang dihasilkan nantinya akan berwarna putih dengan bercak pada sebagian tempatnya. Begitu juga baunya yang terasa lebih harum. Panen sebaiknya dilakukan terhadap jamur merang yang bentuknya telah bulat rata seperti telur. Bila ada yang lebih mudah ngapain harus susah-susah dengan Budidaya Jamur Merang cara lama.

Selamat mencoba, Bila ada kekurangan mohon ditambahkan, Sukses berwirausaha !!!