Adopsi Ilmu dari Tiongkok

Adopsi Ilmu dari Tiongkok



Kerja sama saling menguntungkan akan terus dilakukan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) ke berbagai negara. "Tidak saja kita yang mengadopsi ilmu seperti dari China (Tiongkok), tapi Indonesia sudah bisa berbagi ilmu pengetahuan dengan negara lain, bahkan menyumbangkan SDM pada beberapa negara yang membutuhkan," ujar Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad di Jakarta kemarin.

Di hadapan Bill Farmer, duta besar Australia untuk Indonesia, saat memberikan sambutan pada acara riset kelautan dan perikanan yang dilakukan oleh Kedutaan Besar Australia. Fadel menyambut hangat kerja sama untuk meningkatkan hasil kelautan.

Di kantornya. Fadel juga menerima kunjungan Duta Besar Tingkok Zhang Qiyue. Pada pertemuan tersebut, pihaknya ingin mempelajari kemajuan bidang kelautan dan perikanan riset yang dimiliki negara tersebut untuk mewujudkan visi KKP sebagai negara penghasil produk kelautan dan perikanan terbesar pada tahun 2015.

Indonesia dan Tingkok sepakat melakukan kerja sama dalam mengembangkan sumber daya manusia, manajemen yang berkelanjutan, peningkatan kapasitas, menanggulangi penangkapan ikan ilegal, dan pembangunan infrastruktur seperti pelabuhan, (nel)



Sumber: Indo Pos 18 Mei 2010,hal.3