VALIDASI DATA STATISTIK PERIKANAN BUDIDAYA DIMAJUKAN WAKTUNYA

VALIDASI DATA STATISTIK PERIKANAN BUDIDAYA DIMAJUKAN WAKTUNYA

Dalam rangka percepatan publikasi data statistik perikanan budidaya, kegiatan validasi data yang dikirim oleh dinas propinsi akan dipercepat waktunya mendahului kegiatan forum koordinasi statistik perikanan budidaya. Validasi data statistik perikanan budidaya pada tahun-tahun sebelumnya diselenggarakan pada kuartal III tahun yang bersangkutan menyebabkan publikasi data statistik perikanan budidaya menjadi terlambat dan kurang up to date. Dengan didahulukannya kegiatan validasi diharapkan publikasi data statistik akan lebih cepat dan dapat segera dimanfaatkan oleh stakeholder.



Validasi data statistik perikanan budidaya yang akan dilakukan meliputi volume dan nilai produksi perjenis budidaya, Rumah Tangga Perikanan Budidaya (RTP) perjenis budidaya, dan luas lahan perjenis budidaya.



Statistik produksi benih mulai dipublikasikan tahun 2009 dan akan dilakukan validasinya bersamaan dengan pelaksanaan validasi data produksi pembesaran. Validasi yang dilakukan terhadap statistik produksi benih terbatas pada volume dan nilai produksi saja.



Begitu pula dengan statistik perikanan budidaya ikan hias yang akan dilakukan validasinya pada saat yang sama. Publikasi statistik perikanan budidaya ikan hias ini, sejalan dengan program perikanan budidaya untuk mengembangkan kawasan-kawasan komoditas potensial seperti ikan hias.



Untuk keperluan tersebut, diminta kepada Dinas Kelautan dan Perikanan Propinsi seluruh Indonesia dapat menyiapkan data-data yang akan divalidasi pada acara tersebut

sumber : http://www.perikanan-budidaya.kkp.go.id