MACAM-MACAM PENYAKIT PARASITER ( PROTOZOA )

II. MACAM MACAM PENYAKIT PARASITER




A.PROTOZOA


A.1. Sporozoa
Parasit dari golongan ini fase infektifnya berupa spora dan berada dalam tubuh ikan dengan jalan membentuk kista (cyste) yang biasanya dilapisi dengan jaringan pengikat. Biasanya parasit tersebut menginfeksi tubuh ikan bagian luar seperti kulit, sirip, tapi juga dapat menginfeksi insang. Beberapa ada yang menginfeksi organ dalam seperti otak dan usus. Beberapa penyakit yang diakibatkan oleh parasit golongan ini antara lain adalah:


1. Coccidiasis
Penyebabnya adalah Gousia spp. Penyakit ini menginfeksi usus ikan ikan mas dan lele Dumbo. Infeksinya dipacu oleh kualitas air yang mutunya menurun. Diagnosa penyakit ini bisa dilakukan berdasar pada karakter bentuk dengan menggunakan mikroskop.

- Pencegahan : Manajemen kolam yang baik seperti pengeringan dan pengapuran kolam
secara regular.
- Pengobatan : Belum diketahui obat yang effektif untuk pengobatan penyakit ini.

http://hobiikan.netne.net/

2. Myxosporeasis
Penyebab penyakit : Myxobolus spp, Myxosoma spp, Henneguya spp dan Thelohanellus spp. Keempat parasit tersebut termasuk pads kelompok myxosporea.


- Myxobolus spp. Menginfeksi ikan mas pada ukuran kecil (stadium muds/benih). Organ yang terinfeksi adalah insang. Parasit ini membentuk kista (cyste) pads lembar-lembar insang ikan, sehingga akan menghalangi proses penyerapan zat asam . Akibatnya ikan akan mengalami kekurangan zat asam. Kematian yang diakibatkannya cukup tinggi yaitu bisa mencapai 90%.


- Myxosoma spp. Menginfeksi organ dalam ikan benih contohnya Myxosoma cerebralis menginfeksi bagian otak ikan salmon. Parasit ini dapat menimbulkan gangguan pada alat keseimbangan, sehingga ikan yang terinfeksi akan menunjukkan gejala berenang dengan gerakan tidak terkontrol seperti ayan.


- Henneguya spp. menginfeksi kutit dan sirip tapi terkadang juga menginfeksi insang ikan benih umumnya ikan gurame dan betutu. Kistanya lebih kecil apabila dibandingkan dengan

kista Myxobolus terdapat pads lembar-lembar insang. Virulensinya juga lebih rendah apabila dibandingkan dengan Myxobolus.


Thelohanellus spp. menginfeksi bagian insang, kulit clan sirip terutama ikan tawes pada umur benih sekitar satu bulan, kadang ditemukan menginfeksi Binding usus. Faktor yang mendukung terjadinya infeksi keempat jenis parasit tersebut adalah kualitas air yang kurang bagus terutama kandungan bahan organik yang tinggi dalam kolam tersebut. Parasit-parasit tersebut dapat ditularkan dengan melalui air.

Diagnosa penyakit: bisa berdasar pada gejala klinis yang ada dan kemudian dilanjutkan dengan pengamatan karakter bentuk dari spora.
Pencegahan penyakit: Perbaikan kualitas air dengan penggunaan bak-bak pengendapan, penggunaan filter, serta pengeringan dan pengapuran kolam. Belum ada obat yang dapat digunakan untuk mengobati ikan yang terinfeksi oleh penyakit tersebut.