Memilih Induk ikan mas



Memilih Induk

Induk-induk yang sudah baik dan matang kelamin merupakan salah satu syarat mutlak di antara 4 syarat bagi keberhasilan pembenihan ikan
mas ini. Oleh karena itu, sebelum membahas teknik pembenihan dan pemeliharaan ikan mas di kolam, alangkah baiknya bila mengetahui terlebih dahulu induk-induk yang memenuhi syarat dan bagus untuk dipijahkan.
Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi untuk memastikan baik buruknya seekor ikan mas dijadikan induk, yaitu sebagai berikut.










Untuk mengetahui induk-induk yang telah siap dikawinkan dari sekumpulan induk yang telah terpilih, dapat melihat tanda-tanda dari perubahan tubuhnya maupun dengan rabaan. Induk betina yang telah siap kawinkan ditandai dengan perutnya yang membengkak dari muka ke arah belakang, mulai bagian atas lubang urogenital. Sementara induk jantan yang sudah siap dikawinkan bila sudah mencapai umurnya. Induk jantan selalu siap untuk dikawinkan. Artinya, kapan saja dan dimana saja diperlukan ikan jantan ini akan selalu siap dijadikan pasangan yang ideal. Namun, untuk memastikan dan mengurangi risiko kegagalan sebaiknya ditekan perutnya ke arah belakang untuk memastikan kejantannya. Ikan Yang benar-benar siap akan mengeluarkan cairan sperma, berwarna putih mirip santan.