Ikan Koan (Grasscarp)

Koan (Grasscarp)

Koan atau kowan adalah ikan introduksi yang merupakan salah satu jenis ikan ekonomis penting dalam budi daya perikanan air tawar di Indonesia. ikan ini dikenal sebagai ikan herbivora pemakan rumput dan tanaman air yang rakus sehingga dijuluki juga sebagai "kambing air". Nama umumnya adalah grasscarp (ikan karper yang suka memakan rumput).

Ikan ini merupakan ikan asli perairan umum, banyak ditemukan di sungai—sungai di Tiongkok (Cina). Di daerah asalnya, Koan banyak ditemukan di Cina bagian timur dan utara, Siberia, dan Mancuna (kini wilayah Rusia).

Di Cina, ikan ini sering disebut dengan ikan hwan. Daerah penyebarannya terutama di daerah yang beriklim sedang hingga dingin, tetapi juga berkembang dengan baik di daerah yang beriklim tropis seperti Indonesia, Malaysia dan Thailand. Rasa daging koan tidak kalah lezat dengan ikan—ikan herbivora lainnya.

Dagingnya berwarna putih, sangat kenyal, dan tebal di seluruh bagian tubuh. Dengan tekstur - tubuh seperti itu, koan dapat dimasak dengan cara dipepes, dibakar, atau disup.
sumber : Khairul Amri, S.Pi, M.Si dan Khairuman, S.P, AgroMedia Pustaka, 2008