Ikan mas

Ikan mas

ikan mas sangat populer di berbagai kalangan masyarakat Indonesia. Boleh dibilang, sebagian besar masyarakat kita sudah mengenal ikan ini. Ikan mas termasuk salah satu komoditi perikanan air tawar yang berkembang sangat pesat dari waktu ke waktu.

lkan mas disukai karena rasa dagingnya yang enak, gurih, serta mengandung protein yang cukup tinggi jika dulu ikan mas hanya diolah dan dimasak dalam bentuk digoreng atau dibakar, kini ikan mas disajikan dalam berbagai bentuk masakan seperti dipepes, dipindang, atau diolah menjadi berbagai variasi masakan tradisional dan modern lainnya. Karena itu, tidak mengherankan jika banyak rumah makan atau restoran-restoran yang menyajikan ikan ini sebagai menu utama.


Ditinjau dari aspek pasarnya, terlihat ada kecenderungan, peningkatan permintaan ikan mas konsumsi dari tahun ke tahun. Hal ini terutama terjadi di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, dan beberapa kota besar lain di tanah air. Dari segi nilai jual, harga ikan mas biasanya selalu lebih tinggi dibandingkan dengan harga jual ikan air tawar jenis lain. tingginya harga ini tentunya berkaitan dengan tingginya permintaan pasar.


dari sisi budidaya, tentu saja keadaan tersebut sangat menguntungkan karena tingginya permintaan ikan konsumsi akan diikuti dengan peningkatan permintaan benih baik untuk benih yang akan dipelihara untuk kegiatan pendederan, maupun benih yang akan dipelihara untuk kegiatan pembesaran. Karena itu tidak mengherankan jika para peternak ikan saling berlomba untuk membudidayakan ikan mas.
sumber : Khairul Amri, S.Pi, M.Si dan Khairuman, S.P, AgroMedia Pustaka, 2008