Prospek Pasar ikan lele dumbo

Prospek Pasar ikan lele dumbo

Peluang pasar lele dumbo tidak hanya terbatas untuk memenuhi kebutuhan pasar konvensional seperti konsumen rumah tangga, restoran, atau rumah makan yang membutuhkan pasokan lele dumbo ukuran konsumsi. Setiap subsistem dalam budi dayanya juga memiliki pasar yang membutuhkan pasokan lele dumbo dari berbagai jenis ukuran, tergantung pada subsistem usaha budi daya lele dumbo yang dilakukan

Kondisi di atas menunjukkan bahwa pembudidayaan lele dumbo tidak harus dilakukan secara integreted (terpadu) mulai dari pembenihan, pendederan dan pembesaran dalam satu unit usaha. Namun, bisa dipecah-pecah menjadi beberapa subsistem secara terpisah. Kenyataan inilah yang terjadi di lapangan. Dari sekian banyak peternak yang terjun dalam usaha budi daya lele dumbo, hanya sebagian kecil yang membudidayakannya secara integreted di dalam satu unit usaha.Sebagian besar peternak justru hanya mernbudidayakan lele dumbo dalam satu atau duasubsistem.

ItU berarti ada peternak yang hanya bertindak sebagai pembenih dan ada peternak yang hanya bertindak sebagai pendeder. Selebihnya ada peternak yang bergerak hanya di biding usaha pembesaran.

Dengan demikian peluang usaha budi daya di setiap subsistem sangat terbuka lebar; karena semua subsistem ini saling berkaitan satu sama lain.
Satu hal terpenting, peluang pasar lele dumbo tidak hanya ada di dalam negeri. Lele dumbo berukuran besar juga berpeluang untuk di ekspor ke beberapa negara, sebagaimana yang pernah diminta olel negara Korea Selatan beberapa waktu lalu. Namun permintaan tersebut belum dapat terpenuhi akibat produksi yang belum kontinu, sehinggai peluang tersebut belum termanfaatkan dengan baik
Sumber : Khairuman Amri, S.Pi, M.Si dan Khairuman, S.P, Agromedia Pustaka, 2008.