Pendederan Ikan Mas

Pendederan

Pendederan meliputi kegiatan pemeliharaan benih berukuran 1-3 cm Yang berasal dari kegiatan pembenihan. Benih ini dipelihara hingga. berukuran 3-5 cm (pendederan 1) atau 5-8 cm (pendederan 11). Pendederan I dilakukan selama 3 minggu dan dilanjutkan ke pendederan 11 yang juga dilakukan selama 3 minggu.

Pendederan dapat dilakukan di kolam tembok yang dasarnya tanah atau kolam tanah seluruhnya.

pada pendederan 1, pakan yang diberikan berupa pakan alami dan pakan buatan. Pakan alami dapat ditumbuhkan di kolam dengan meningkatkan kesuburan dengan cara memupuk menggunakan kotoran ayamm sebanyak 250-500 gram/M2 TSP dan Urea. masing-masing 8-10
gram/m2. Sementara itu, pakan tambahan yang diberikan berupa pelet dalam bentuk tepung atau pelet yang dibasahi air.

Pemberian pakan dilakukan dua kali sehari, pada pagi dan sore hari sebanyak 3-5% per hari dari total benih yang dipelihara.


Pada pendederan II pakan yang diberikan berupa pakan alami dan pakan buatan. Pakan alami ditumbuhkan dengan cara memupuk kolam dengan kotoran ayam sebanyak 250-500 gram/m2, TSP dan Urea masing-masing 8-10 gram/m2, dan kapur pertanian sebanyak 15-25 gram /m2. Pakan tambahan yang paling cocok diberikan adalah pelet berukuran kecil yang sesuai dengan bukaan mulut ikan mas. Pemberian pakan tersebut dilakukan dua Kali sehari pada pagi dan sore hari sebanyak 3-5% dari berat total benih yang dipelihara. Agar pemberian pakan tambahan lebih efektif dan efisien, pemberian pakan sebaiknya terpusat pada sate atau dua tempat.
sumber : Khairul Amri, S.Pi, M.Si dan Khairuman, S.P, AgroMedia Pustaka, 2008