ciri ikan matang gonad


Ciri kematangan gonad pada ikan
Pada ikan jantan
Menurut Setiawan (2009) ciri-ciriinduk jantan lele dumbo jantan yang telah siap untuk dipijahkan sebagai berikut:
·Alat kelamin tampak jelas memerah
·Warna tubuh agak kemerah- merahan
· Tubuh ramping dan gerakannya lincah
Pada ikan betina
·Bagian perut tampak membesar ke arah anus dan jika diraba terasa lembek.
·Lubang kelamin berwarna kemerahan dan tampak agak membesar.
·Jika bagian perut secara perlahan diurut ke arah anus, akan keluar beberapabutir
telurberwarna hijau tua dan ukurannya relatif besar.
·Gerakannya lambat.
Selama proses reproduksi sebagian besar hasilmetabolisme tertuju pada perkembangan gonad. Hal ini menyebabkan terjadinya perubahandalam gonad itu sendiri. Umumnya pertambahan gonad pada ikan betina berkisarantara 10 sampai
25% dari bobot tubuh Tang dan Affandi 2000 dalamBijaksana (2012)
Faktor yang mempengaruhi kematangangonad
MenurutZairin (2003)di  alam ikan akan mengalami pematangan gonadsetelah emndapat sinyal lingkungan yang tepat untuk pematangan Gonad.Sinyal-sinyal ini biasanya datangnya musiman. Didalam wadah budidayasinyal-sinyal tersebut bisa hilang. Selain itu budidaya adalah aktivitas yangingin terlepas dari musim. Bagi ikan-ikan yang bersifat musiman, pematangangoad di luar musim merupakan suatu keharusan.
Kinerja reproduksimerupakan suatu proses yang berkelanjutan pada ikan akibat adanya rangsangandari luar ataupun dari dalam tubuh ikan itu sendiri. Rangsangan tersebut dapatberupa rangsangan hormonal ataupun rangsangan lingkungan. Rangsangan hormonalyang terjadi pada induk ikan betina berbeda dengan induk jantan. Pada indukbetina, rangsangan hormonal ditujukan untuk pembentukan telur danpematangannya, sedangkan pada ikan jantan rangsangan tersebut untuk pembentukansperma. ( Permadi, 2009 hal 17)