Menteri Kelautan Dan Perikanan Minta Dukungan Apkasi

Menteri Kelautan dan Perikanan, Sharif Cicip Sutardjo meminta dukungan dari Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) terkait dengan kelancaran dalam penyelanggaraan acara Sail Morotai 2012.


"Saya yakin Apkasi memiliki pemikiran yang inovatif, sistematik, komprehensif, dan terpadu dalam menggalang kesuksesan acara Sail Morotai 2012," kata Sharif Cicip Sutardjo dalam acara Rapat Koordinasi Daerah Destinasi Sail Morotai 2012 yang digelar di kantor Apkasi, Jakarta, Rabu.

Menurut Menteri Sharif, pihaknya juga telah memiliki pengalaman dalam menggelar acara sail bertaraf internasional yaitu Sail Bunaken pada 2009, Sail Banda pada 2010, dan Sail Wakatobi-Belitong pada 2011.

Dengan penyelenggaraan Sail Morotai 2012, ujar dia, maka hal tersebut diharapkan juga dapat meningkatkan pertumbuhan aktivitas ekonomi yang sekaligus juga dapat meningkatkan tingkat kesejahteraan masyarakat daerah.

"Morotai akan menjadi daerah pertumbuhan ekonomi baru," katanya.

Sementara itu, Ketua Umum Apkasi, Isran Noor menyatakan Apkasi siap mendukung penyelenggaraan acara Sail Morotai yang telah menjadi agenda tahunan Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Rp80 miliar Sebelumnya, Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono menyatakan bahwa anggaran untuk kegiatan langsung dalam acara Sail Morotai 2012 sebanyak Rp80 miliar.

"Biaya sebesar itu tidak termasuk pembangunan infrastruktur lainnya," kata Agung Laksono dalam konferensi pers launching Sail Morotai 2012 di Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta, 14 Maret.

Menurut Agung, terdapat juga biaya lainnya untuk pembangunan-pembangunan infrastruktur yang alokasinya telah terdapat di sejumlah kementerian terkait karena dapat berlangsung hingga sepanjang tahun.

Menko Kesra memaparkan biaya langsung sekitar Rp80 miliar itu untuk beragam kegiatan operasional, seperti aktivitas bakti sosial di pulau-pulau sekitar, kegiatan kepemudaan, riset, dan juga untuk tempat-tempat penginapan.

Di antara biaya sekitar Rp80 miliar itu juga terdapat di antaranya sekitar Rp15 miliar yang digunakan khusus untuk acara puncak dari Sail Morotai 2012.[ BeritaDaerah]