Budidaya Ikan Hias : Paradise (Macropodus opercularis)


Paradise


Paradise (Macropodus opercularis) berasal dari Cina dan Pulau Formosa. Tubuh ikan karnivora ini dapat mencapai 7,5 cm dan berwarna sangat menarik, yaitu bergaris selang-seling biru dan merah. Sirip punggungnya panjang berwarna biru, sedangkan sirip perutnya berpangkal biru dan berujung merah. Ekornya panjang menggarpu dengan warna merah dan biru. Saat ini sudah berkembang banyak warna mulai dari cokelat, biru, sampai albino. Suhu pemeliharaannya 25-28° C; pH 6,5-7,0; dan kekerasan 6-8° dH.



Pemijahannya dapat dilakukan dalam akuarium, kolam kecil, maupun paso. Cara memijah ikan ini hampir sama dengan cupang adu, hanya saja tanaman airnya sebaiknya mengapung seperti enceng gondok.


Walaupun ikan ini tidak seagresif cupang adu, namun pilihan pasangannya harus dicermati. Bila jantan menyerang betina dengan kasar, sebaiknya pasangan betinanya diganti atau menunggu hingga sifat agresifnya menurun. Bila dipaksakan, betina akan mati sebelum bertelur. Untuk perawatan telur dan larva seperti pada perawatan cupang adu. Paradise dapat dijual kalau sudah berukuran 2,5 cm atau berumur 3,5 bulan.


sumber : Darti S.L dan Iwan D.Penebar Swadaya, 2006