Istilah Yang Biasa Ditemukan Dalam Penangkapan Ikan

Istilah Yang Biasa Ditemukan Dalam Penangkapan Ikan

Kapal Semua perahu, dengan nama apapun juga, kecuali jika ditentukan atau diperjanjikan lain, maka kapal itu dianggap meliputi segala alat pertengkapannya (UU Hukum Dagang, pasal 309).

Kapal Laut Biasa - Alat pengangkutan yang digunakan di laut (UU Hukum Dagang , pasal 310).

Kapal Niaga Setiap kapal yang digerakan secara mekanis yang digunakan untuk pengangkutan barang/manusia dengan pungutan biaya (Soekardono, 1981).

Pelabuhan Tempat yang terdiri dari daratan dan perairan disekitarnya dengan batas-batas tertentu sebagai tempat kegiatan pemerintahan dan kegiatan ekonomi yang digunakan sebagai tempat kapal bersandar, berlabuh, naik turun penumpang dan/atau bongkar muat barang dilengkapi dengan fasilitas dan/atau pelayaran dan kegiatan penunjang pelabuhan serta sebagai tempat perpindahan intra dan antar moda transportasi.


Pelabuhan Pasang Pelabuhan baru dapat dipergunakan dalam waktu air pasang dan kapal dapat memasuki perairan tersebut dengan aman sebaliknya pada waktu air pasang turun tidak berfungsi lagi.

Pelabuhan buatan : Pelabuhan yang dibuat atas campur tangan manusia dan dapat dilakukan dengan menggali atau memperdalam perairan pelabuhan tersebut , contohnya pelabuhan Tanjung Priok - Jakarta dan Tanjung, Perak - Surabaya.


Pelabuhan Alam Pelabuhan yang dibentuk oleh alam tanpa campur tangan manusia sedikipun, contohnya petabuhan Makasar dan pelabuhan Ambon.

Pelabuhan Terbuka Pelabuhan laut yang ditunjuk oteh peraturan perundang - undangan pelayaran, perdagangan luar negeri artinya merupakan pelabuhan Samudera yaitu pelabuhan dimana kapal negara asing diperbolehkan masuk dan berlabuh serta melakukan bongkar muat lengkap dengan fasilitas-fasititas peralatan kepelabuhan kapal berbendera asing tanpa izin tertentu bebas masuk pelabuhan laut baik yang berfungsi sebagai kapal pembawa barang import maupun eksport dan kapal pesiar.


Dermaga (Jembatan Pendarat) - Tempat dimana kapal dapat bebas bersandar serta melakukan bongkar muat barang termasuk hewan dan manusia dengan tenang dan aman.

Pengusaha Kapal Seorang yang mengusahakan kapal untuk pelayaran dilaut dan mengemudikannya sendiri atau oleh orang lain yang biasa disebut nakhoda.

Nakhoda Seorang tenaga kerja yang telah menandatangani perjanjian kerja laut dengan perusahaan pelayaran sebagai nakhoda, yang memenuhi syarat dan tercantum dalam Sijil Anak Buah Kapal sebagai nakhoda ditandai dengan mutasi dari perusahaan dan pencantuman namanya dalam Surat Laut.

• Nakhoda Sebagai Pemimpin Kapal Semua yang ada diatas kapal seperti ABK , penumpang dan pemilik kapalpun harus tunduk pada nakhoda selama pelayaran. ABK yang akan turun ke darat saat kapal berlabuh harus meminta izin pada nakhoda.

Nakhoda Sebagai Jaksa,. Nakhoda harus bisa mengatasi masalah, menanggulangi, menahan, mengamankan dan mengusut perkara yang dituangkan dalam Berita Acara.

• Nakhoda Sebagai Pegawai Catatan Sipil Nakhoda harus mencatat orang yang melahirkan, meninggal maupun menikah diatas kapal dengan disaksikan oleh dua orang saksi.

Nakhoda sebagai Notaris : Nakhoda dapat diminta untuk menjadi notaries dalam pembuatan surat warisan yang ditandatangani oleh akhli waris dan disaksikan oleh dua orang saksi.

anak buah kapal Semua orang yang berada dan bekerja dikapal kecuali nakhoda, baik sebagai perwira bawahan (kelasi) yang tercantum dalam Sijil Anak Buah Kapal.

Fishing Suatu usuha penangkapan ikan / pengumpulan ikan dan jenis - jenis akuatik yang mempunyai nilai ekonomis.


Fishing Day Waktu (jumlah hari) yang digunakan untuk satu operasi penangkapan.

Fishing operation Operasi penangkapan ikan.

Trip Duration : Waktu yang digunakan dari mulai load sampai unload, termasuk lama waktu pelayaran dari danke fishing ground.

Actual Fishing Day Jumlah hari dimana usaha penangkapan betul-betul dilakukan, tidak termasuk hunting day (pelayaran menemukan fishing ground yang baru).

Fishing Trip Jumlah pelayaran untuk tujuan penangkapan dalam satu satuan waktu (bulan, tahun) sering disingkat Trip/Month, Trip/Year.

Fishing Technique Teknik yang digunakan untuk penangkapan seperti teknik mengemudi kapal, membuat dan mengoperasikan kapal.


Fishing Methods Cara yang digunakan untuk menangkap ikan.

Fishing Gears - Alat yang digunakan untuk menangkap ikan.

Fishing, Boat : Kapal yang digunakan untuk menangkap ikan.

fishing Tactics Cara pengoperasian jaring dan cara untuk memanfaatkan kebiasaan ikan bergerombol.

Bulk Fishing Alat tangkap yang mampu menangkap ikan dalam jumlah besar.

Fishing Ground Perairan tempat melakukan penangkapan ikan.

Fishing Port Pelabuhan tempat merapatnya kapal penangkapan.

catcable area Tempat dimana ikan dapat ditangkap.

sumber : Dinas Perikanan Provinsi Jabar, 2008