jenis-jenis Baung

jenis-jenis Baung

Berdasarkan hasil penelitian para ahli di lapangan, ditemukan sekitar
11 jenis ikan yang tergolong ke dalam genus Mystus. atau Hemibagrus ini. Salah satu jenis terpenting dan memiliki nilai ekonomis tinggi adalah baung yang menyandang nama H. nemurus atau M. nemurus dengan sinonim Macrones nemurus (C.V). Jenis baung lain yang populasinya kalah jauh dengan jenis nemurus dan tidak begitu populer karena ukurannya lebih kecil adalah jenis baung dari species Macrones nigriceps (C.V).

Nama baung sendiri berasal dari nama yang diberikan oleh masyarakat di Sumatera seperti di Sumatera Barat, Riau, serta Sumatera Selatan dan sekitarnya. Namun, di beberapa daerah tertentu ada nama lain yang cukup populer untuk menyebut ikan ini. Seperti masyarakat sunda di wilayah Jawa Barat, menyebut baung sebagai ikan tagih atau sengol. Sementara, di Jawa Tengah lebih dikenal sebagai beong. Di Sumatera Utara disebut sebagai ikan teiken.

Di Pulau Kalimantan ada tiga nama berbeda untuk baung, yaitu ikan niken (Kalimantan Barat), ikan patik (Kalimantan Selatan), dan baung putih (Kalimantan Timur).
Sebagian orang lain menyebutnya sebagai ikan sengiringan, senggal, dan ikan duri.



Sumber : Khairul Amri, S.Pi, M.Si dan Khairuman, S.P, Agromedia Pustaka, 2008