TEKNOLOGI PEMBUATAN COOLBOX INSULASI SERAT GELAS DENGAN MINI REFRIGERATOR

TEKNOLOGI PEMBUATAN COOLBOX INSULASI SERAT GELAS
DENGAN MINI REFRIGERATOR


Deskripsi Teknologi
Penyimpanan ikan atau palka ikan yang berupa peti dengan penutup pada bagian atasnya dan terdapat alat mini refrigerator. Ukuran peti 165 x 110 x 125 cm dengan tebal dinding 2,5 cm atau dengan volume 1,4 m3. Konstruksi peti terdiri dari: lapisan dinding peti bagian luar ke dalam terdiri dari lapisan fiberglass, triplek, lembaran sterofoam, lembaran fiberglass padat dan lembaran alumunium.


alat ini menggunakan mesin pendingin yang terdiri dari 1 (satu) unit compressor 2 (dua) PK (1500 watt) dengan refrigeran R 502, condenser, evaporator tembaga yang ditempelkan pada lembaran fiberglass padat, magnetic contactor, filter ekpansi, thermostort dan kran ekspansi dan bok panel yang ditengkapi pengaturan suhu secara digital dan manual.

Aspek Inovatif
Coolbox dengan tambahan mini refrigerator memiliki konsep yang sama dengan cool . box biasa, perbedaannya tertetak pada pencampaian suhu yang diinginkan. Hal ini disebabkan coolbox ditambahkan mini refrigerator dengan sistem kompresi uap. Dalam keadaan lingkungan panas suhu dalam alat dapat mencapai -18°C hingga -19°C dan dalam keadaan lingkungan dingin suhu dapat mencapai -20°C hingga -22 °C, sehingga alat ini dapat menyimpan ikan dalam keadaan dingin hingga beku.


Alat ini dapat digunakan pada kapal dengan kapasitas :s 30 GT atau kapal. yang beroperasi antara 15 - 30 hari.
Keunggulan
• Dapat menyimpan ikan dalam keadaan dingin hingga beku,
• Dapat menekan biaya operasional sehingga pendapatan nelayan meningkat,
• Kesegaran ikan dapat dipertahankan dalam waktu yang retatif lama.




Balai Besar Pengembangan dan Pengendalian Hasil Perikanan, DKP, 2009