Berbagai Jenis Pakan Ikan Arwana

berbagai jenis pakan ikan Arwana

pakan yang akan diberikan pada ikan harus dilihat jenis, sipat dan cara makan ikan tersebut. Arwana merupakan jenis ikan pemakan daging (carnivora) dan merupakan jenis ikan pemangsa (Predator), pakan yang diberikan harus berupa pakan hidup/daging.

pemberian pakan harus disesuaikan dengan lebar bukaan mulut arwana. jika arwana yang masih kecil jangan diberikan pakan yang ukurannya besar.

Jenis- jenis pakan yang biasa digunakan untuk arwana :

1. Cacing Beku/cacing darah
Cacing beku / cacing darah diberikan kepada ikan yang masih kecil. pakan ini diberikan ketika benih sudah habis kuning telurnya. kuning telur ikan merupakan pakan cadangan bagi benih sebelum benih siap untuk makan di alam.

2. Ikan kecil
ikan kecil diberikan pada arwana dapat berupa jenis ikan beunteur, ikan nilem, ikan lele, variasi ukuran ikan tersebut disesuaikan dengan besar kecilnya arwana yang akan diberi pakan dan besar kecilnya lebar bukaan mulut arwana.

3. udang tawar
udang dapat diberikan pada arwana sebagai pakan. udang dapat meningkatkan kecerahan warna arwana. sebelum diberikan kepala udang yang tajam perlu dibuang agar tidak melukai mulut dan usus arwana

4. jangkrik
Jangkrik juga dapat diberikan pada arwana, jangkrik juga dapat meningkatkan kecerahan warna arwana. jangkrik yang akan diberikan pada arwana biasanya kaki belakang yang tajam suka dibuang karena dikhawatirkan akan melukai usus dan mulut arwana.


5. Katak
Katak dapat diberikan sebagai pakan arwana, sebelum katak diberikan katak perlu direndam dahulu untuk membersihkan katak dari kotoran yang menempel.