Cara Merawat Benih Arwana Silver

cara merawat benih arwana

Arwana Merupakan Jenis ikan Hias yang paling populer diantara jenis ikan hias lainnya, hal ini dikarenakan selain mempunyai bentuk tubuh yang bagus ikan ini juga merupakan jenis ikan purba yang sudah langka keberadaannya.





akibat dari langkanya jenis ikan hias ini maka para pembudidaya sekarang berusaha untuk menernakan Arwana, sekarang banyak pembudidaya ikan arwana yang berhasil mengembangbiakannya. Jenis ikan arwana yang sekarang banyak dikembangbiakan yaitu jenis Arwana Silver yang diintroduksikan dari Brazil. 

 


Perawatan Benih

Persiapan Wadah Pemeliharaan
Wadah Pemeliharaan benih dilakukan di Akuarium peralatan yang diperlukan aerator, heater/pemanas air, pemeliharaan benih bila berukuran sama rata bisa dipelihara bersama-sama di dalam akuarium. Jika sudah besar sebaiknya pemeliharaan dipisah/ disekat.
untuk benih yang masih mengandung kuning telur jangan diberi pakan dahulu sebelum kuning telurnya habis. setelah kuning telurnya habis anakan arwana diberi pakan berupa cacing beku, pemberian pakan dilakukan secukupnya, aglibitum,  sampai ikan sudah tidak mau makan lagi pemberian pakan dihentikan.

pemberian pakan dilakukan 3 kali sehari pagi, siang dan sore menjelang malam.
untuk ketinggian air pada akuarium sekitar 20 cm, heater dipasang pada suhu 29 derajat celcius, aerator ditempatkan ditempat yang stratregis agar distribusi air merata ke dalam akuarium

bila pada akuarium terdapat kotoran dan sisa pakan yang tidak termakan maka akuarium perlu disipon, penyiponan dilakukan dengan menggunakan selang yang kecil dimaksud agar ketika melakukan penyiponan benih arwana tidak ikut tersedot oleh selang. Air pada kuarium dibuang kira-kira setengah lebih dari jumlah air yang ada pada media. ketika dilakukan penyiponan pastikan heater dimatikan dahulu, bila heater tidak dimatikan nanti pada saat pergantian air baru heater akan pecah karena terjadi perbedaan suhu.
bila ukuran telah besar arwana bisa diberi jangkrik kecil, udang kecil, ikan kecil yang ukuran nya disesuaikan dengan bukaan mulut ikan arwana.