PENDIDIKAN, UNTUK APA SIH?


Banyak orang di zaman ini yang menuntut ilmu tinggi-tinggi tetapi tidak tahu untuk apa. Ada juga orang yang tujuannya menuntut ilmu biar lebih mudah mendapatkan pekerjaan. Atau bahkan agar bisa dihormati orang disekitarnya karena gelarnya dibidang pendidikan yang disandangnya.
            Pendapat mereka di atas bagi saya salah ebsar dan menurut saya, bila paradigm di atas tetap dipertahankan, bisa dipastikan Negara ini semakin hancur dan semakin mudah dijajah bangsa lain. Di agama kita dijelaskan, orang yang paling mulia adalah orang yang berguna untuk orang disekitarnya. Dan menuntut ilmu lewat pendidikan adalah hal yang dapat menyokong orang yang bersangkutan untuk menjadi berguna bagi sekitarnya.

            Dari paragraph sebelumnya sudah terbesit manfaat pendidikan menurut saya. Ya, pendidikan untuk mencetak orang berguna bagi sekitarnya. Andaikan semua orang berpikir seperti itu, maka Negara ini akan memiliki banyak orang yang berguna, sehingga yang pasti pengangguran pun menurun.
            Lho kok jadi hubungannya ke pengangguran? Simple saja, kalau kita berhasil membangun lapangan pekerjaan, maka kita akan menjadi berguna bagi orang lain kan. Dan pendidikan dapat membantu menciptakan seseorang membuat lapangan pekerjaan. Dengan adanya pendidikan seseorang terbuka matanya untuk menemukan hal-hal yang perlu diciptakan di negeri tidak terkecuali lapangan pekerjaan dan dengan adanya pendidikan, seseorang lebih mengerti bagaimana menghadapi berbagai problem dalam hal membangun lapangan pekerjaan.
            Intinya dari penjabaran saya di atas adalah saya sarankan bagi masyarakat Indonesia yang terdidik, jadikanlah orang yang berguna bgi sekitar dengan ilmu yang sudah kalian raih.