Seputar Bisnis Kreatif dan Inovatif

Sebenarnya apa itu yang disebut binis kreatif dan inovatif? umumnya oarang dapat mendefinisikan sesuai dengan pandangannya begitu juga saya. Menurut saya, bisnis kreatif dan inovatif itu adalah sebuah usaha untuk mencari keuntungan dengan cara yang unik dan belum pernah ada. Karena keunikan dan belum pernah adanya inilah orang - orang menyebutnya original atau bisnis di bidang invention.

Bisnis yang kreatif dan inovatif pasti sangat menarik karena bila sukses maka mendapatkan keuntungan yang lumayan karena belum memiliki saingan. Tetapi yang tidak bisa dihindari dan tidak boleh dilupakan, dibalik keuntungan besar ada resiko yang besar. Dua hal ini tidak bisa dipisahkan karena bagaikan dua sisi koin.
Begini yang dimaksud memiliki resiko yang besar adalah bila anda membangun suatu bisnis kreatif dan inovatif, pasti belum banyak orang yang mengetahui serba - serbi manfaat dan atau serba - serbi mengoperasionalkan bisnis, dari permasalahan inilah anda butuh dana dan pengeluaran lainnya untuk mengiklankan manfaat bisnis anda yang kreatif dan inovatif tersebut dan juga memberitahu cara mengoperasionalkan bisnis anda kepada calon rekan - rekan anda. Dan bila bisnis anda tidak sukses, disinilah resikonya karena dana dan pengeluaran anda tidak kembali.
Tetapi, saran saya, anda harus optimis dan yakin dengan usaha anda dan pertahankan semangat anda dengan membayangkan usaha anda berhasil serta buang rasa malas anda dengan membanyangkan usaha anda gagal.
Sebaliknya, yang dimaksud mendapatkan keuntungan besar adalah bila usaha kita sukses karena belum ada pesaingnya sehingga anda bisa "memonopoli" pasar. Seperti kata Sun Tzu, "bila anda ingin memenangkan pertempuran, bergeraklah seperti air, hindari tempat yang tinggi dan berkumpullah di tempat yang rendah" yang bisa diartikan, bila kita ingin sukses, hindarilah medan yang banyak persaingannya.
Mengenai resiko, anda tidak perlu takut dan janganlah sampai anda tidak menjalankan bisnis kreatif anda karena mengingat resikonya, bagi saya hal itu adalah MUSIBAH untuk anda. Bapak Mario Teguh pernah berkata, "Jalankanlah sesegera mungkin sehingga bila ada kesalahan, kita bisa memperbaikinya sesegera mungkin juga". Oleh karena itu, jalankanlah bisnis anda sesegera mungkin setelah anda menetapkan langkah dan strategi untuk bisnis anda dan bila anda gagal sehingga berhadapan dengan resiko dari bisnis anda, hadapilah dan segeralah dapatkan pelajarannya untuk memperbaiki kembali bisnis anda atau membangun bisnis yang lain.
Untuk mendapatkan bisnis yang kreatif dan inovatif, anda harus melatih otak anda. Seperti kata Yoris Sebastian bahwa kreatif bukanlah muncul saat lahir saja, tetapi juga bisa lewat latihan.
Sekian postingan saya mengenai seputar bisnis kreatif dan inovatif. Sebenarnya masih banyak yang ingin saya sampaikan, mungkin di lain kesempatan saya akan membuat sebuah buku mengenai bisnis kreatif dan inovatif. Terimakasih atas perhatiannya dan mohon maaf bila ada hal - hal yang tidak berkenan di hati anda karena saya hanya manusia biasa yang tidak bisa lepas dari kesalahan.