Tampilkan postingan dengan label jasa. Tampilkan semua postingan
Tampilkan postingan dengan label jasa. Tampilkan semua postingan

Ide Bisnis | dan Peluang Usaha Jasa Rental Mobil

Belakangan ini banyak berdiri usaha jasa penyewaan mobil. Saking banyaknya usaha ini membuat saya tertarik untuk sedikit mengulas tentang usaha tersebut.
Ternyata memang benar, kebutuhan penggunaan mobil sebagai sarana transportasi memang meningkat. Dari pengamatan dan wawancara yang saya lakukan, jumlah armada dari masing-masing rental rata-rata berkisar antara 10 – 50 unit.

Jenis mobil yang disewakan juga bervariasi. Tapi yang paling sering saya jumpai adalah Avansa, Kijang Kapsul, Inova, Panther, APV dan beberapa mobil tipe “keluarga” lainnya.
Untuk harga sewa, rata-rata berkisar antara 200 sampai dengan 400 ribu per unit, tanpa sopir. Jika menginginkan memakai tenaga sopir selama 24 jam, biasanya dikenakan biaya tambahan sebesar 75 – 90 ribu untuk dalam kota dan 100 – 150 ribu untuk luar kota.
Perlakuan tiap rental terhadap konsumennya juga berbeda-beda. Ada yang membebaskan pemakaian mobil untuk digunakan di dalam kota maupun di luar kota. Namun ada juga yang memberlakukan tarif yang berbeda apabila mobil dipakai ke luar kota. Semua tergantung kebijakan masing-masing rental.
Ada juga yang memberlakukan harga sewa menggunakan waktu dan jarak yang akan ditempuh.Tapi ada kemiripan sistem penyewaannya, yaitu kebanyakan rental mobil menggunakan waktu sewa mulai jam 6 pagi sampai jam 12 malam. Maksudnya untuk sewa 1 hari, mobil harus kembali sebelum jam 12 malam. Walaupun ada sebagian rental mobil yang menggunakan sistem sewa 24 jam penuh.
Jika anda berminat untuk memulai usaha rental mobil, hal yang paling diperhatikan adalah kondisi “kesehatan” dan “keamanan” mobil anda tersebut. Usaha ini sangat rentan penggelapan dan penipuan. Sudah tidak terhitung lagi berapa jumlah mobil yang dilarikan.
Yang jelas, syarat utamanya sebelum proses kesepakatan terjadi adalah adanya “hitam diatas putih”. Jadi anda harus paham bahasa hukum bisnis. Karena kontrak ini merupakan jaminan penting bila nantinya ada hal-hal  yang terjadi di luar isi perjanjian. Selain itu, jaminan berupa KTP, Kartu Keluarga dan sebagainya harus anda kenakan ke calon penyewa anda.
“Kesehatan” mobil juga termasuk faktor yang bisa mempengaruhi jalannya usaha ini. Biasanya konsumen sangat peka apabila mobil yang akan di sewa. Dan ingat, jaringan relasi dan hubungan baikyang anda punyai bisa menjadi faktor yang cukup penting bagi kesuksesan bisnis ini.
Hal lain yang juga harus anda perhatikan adalah keseimbangan antara harga dengan kualitas mobil. Jangan sampai konsumen anda merasa bahwa harga sewa mobil yang mereka bayar tidak sepadan dengan mobil yang mereka dapatkan.
Untuk menambah omset, anda bisa menjalin kerja sama dengan perusahaan rental lainnya. Sudah menjadi kebiasaan dalam bisnis penyewaan mobil saling oper order. Logikanya sderhana saja. Jika semua mobil sedang keluar disewa dan ternyata perusahaan masih menerima order, mobil tersebut bisa diambilkan dari rental mobil yang lainnya. Begitu juga sebaliknya.
Sebagai penunjang usaha, anda juga membutuhkan beberapa peralatan usaha seperti komputer, mesin fax, telepon, garasi mobil, alat-alat dan tempat untuk mencuci mobil. Lokasi usaha anda sebaiknya strategis dan mudah dijangkau oleh konsumen.
Catatan penting yang harus diingat adalah, ada bulan-bulan dimana rental mobil sepi dari pelanggan. Penyebabnya adalah perilaku konsumen yang enggan untuk berpergian di bulan-bulan tertentu seperti pada saat bulan puasa dan bulan sura. Untuk mengatasinya, anda bisa membuat program promosiyang menarik…
Simulasi Keuntungan Usaha Rental Mobil
Pemasukan
Armada 20 mobil, asumsi sewa 15 mobil/hari @ Rp. 200.000,00
Omset = 15 x Rp 200.000,00 x 30 = Rp. 90.000.000,00
Pengeluaran
Sewa Tempat : 24 juta per tahun : 12 bulan = Rp. 2.000.000,00
Cicilan mobil : 20 x Rp 2.000.000,00 = Rp. 40.000.000,00
Kebutuhan Oli : 20 x Rp 300.000,00 = Rp. 6.000.000,00
Listrik, Air, Telpon dan Perlengkapan Kantor = Rp. 2.000.000,00
Gaji pegawai = Rp. 3.000.000,00
Perawatan Mobil = Rp. 1.000.000,00 x 20 mobil = Rp. 20.000.000,00
Biaya Promosi & Iklan = Rp. 9.000.000,00
Total pengeluaran = Rp 82.000.000,00
Keuntungan Bersih
Rp 90.000.000,00 – Rp 82.000.000,00 = Rp 8.000.000,00

Sumber : dokterbisnis.net

Ide Bisnis | Bisnis Laundry Kiloan

Di daerah Jogja, hampir setiap sudut gang saya menemukan bisnis laundry kiloan. Waktu saya ada kerjaan di luar kota pun, saya juga menemukan usaha laundry kiloan ini bertebaran di sudut-sudut kota.

Bahkan di pedesaan-pun, saya menemukan usaha binatu, hanya saja beberapa diantaranya masih manual. Belum menggunakan mesin cuci. Karena banyak sekali yang tertarik untuk masuk ke jenis usaha yang satu ini, maka saya akan ulaskan secara umum.

Sebagai gambaran awal, saya ambil perhitungan market share dari artikel situs lain. Sayangnya saya lupa apa nama situsnya, berhubung sudah lama sekali saya membaca artikel bisnis laundry kiloan dari  situs tersebut.


Situs tersebut mengambil sampel kota Jakarta. Di kota Jakarta, kata situs tersebut, memiliki populasi penduduk kurang lebih 8 juta orang dengan perkiraan jumlah kepala keluarga sejumlah 2 juta orang. Menurut situs itu juga, pasar usaha laundry kiloan di Jakarta yang baru tergarap jumlahnya sekitar 5.000 kepala keluarga.

Nah, bila masing-masing keluarga di Jakarta tersebut rata-rata punya empat orang anggota keluarga dengan cucian 1,5 kilogram per hari, maka dalam satu hari ada sekitar 7,5 ton pakaian warga Jakarta yang dicuci. Dan perkiraan nilai nominalnya kira-kira setara dengan 3 miliar rupiah per bulan.

Itu baru dari jenis pasar atau segmen pasar keluarga. Belum untuk segmen hotel dan restoran. Ada beberapa hotel yang meski mempunyai jasa binatu sendiri, mereka juga menggunakan jasa binatu luar untuk sprei, sarung bantal, atau taplak meja.

Dan dari data yang saya dapat dari situs tersebut, untuk 2,3 juta kamar di Jakarta, rata-rata 40% urusan cucian ini diboyong untuk dicucikan di luar hotel. Maka jasa binatu bisa memperoleh 4,6 miliar rupiah per hari dari cucian hotel itu. Secara umum, hal ini juga berlaku di kota-kota lain. Lumayan kan?

Nah, kalau untuk model bisnis laundry kiloan-nya, saya akan bahas metode yang digunakan Bunga Laundry. Ownernya bernama mbak Nanik.

Alasan saya menggunakan Bunga Laundry sebagai sampel usaha binatu yang akan saya bahas adalah pertama, Bunga Laundry mempunyai cara khusus untuk menjangkau  pilihan segmen pasar-nya yang boleh saya bilang unik, jitu tapi sederhana. Kedua, Bunga Laundry dekat dengan kantor usaha saya, jadi lebih mudah untuk mewawancarainya, ha..ha..ha..

Berhubung jenis konsumen yang mereka ambil adalah tipe orang yang senang cuciannya bersih dan wangi, maka mereka bagi menjadi dua cara pencuciannya. Jadi selain menggunakan mesin cuci, setiap putaran mesinnya, mbak Nanik selalu mengecek tiap pakaian yang dicucinya. Jika masih ada yang kurang bersih, akan dikucek manual. Terutama dibagian lipatan dan kerah.

Kemudian untuk baju yang tipis, 100% dikerjakan tangan manusia. Mungkin biar nggak rusak atau cepat aus bajunya. Kemudian pakaian putih, hitam dan yang berwarna disendiri-sendirikan. Jadi nggak cuman yang luntur saja yang disendirikan.

Dan setiap kali menerima cucian dari pelanggan, untuk per potong pakaian dari per pelanggan diberi tanda sehingga pakaian antar pelanggan yang satu dengan yang lainnya tidak saling tertukar.

Tapi yang perlu anda perhatikan adalah jika anda akan meniru dan memodifikasi metode yang digunakan Bunga Laundry, anda harus paham bahwa segmentasi yang mereka bidik adalah konsumen yang sangat peduli dengan hasil yang bersih dan wangi. Jadi jika di daerah anda kebanyakan konsumennya lebih memperhatikan kecepatan waktu penyelesaian, sistem di atas mungkin tidak akan berjalan.

Jadi perhatikan benar-benar target yang anda bidik. Karena jika anda salah dalam membidik segmentasi pasar, diferensiasi yang anda punyai akan sia-sia. Anda bisa lakukan riset pasar dulu untuk membaca perilaku konsumen yang anda bidik. Ok, berikut ini simulasi perhitungan laba rugi peluang usaha laundry kiloan.

Pemasukan
Jasa pencucian : Rp. 250.000,00 x 30 hari = Rp. 7.500.000,00

Pengeluaran
Gaji 3 orang pegawai @Rp. 700.000,00 : Rp. 2.100.000,00
Listrik, air telepon : Rp. 750.000,00
Sabun, pewangi, pelembut : Rp. 1.150.000,00
Brosur dan Leaflet : Rp. 500.000,00
Sewa ruko di hitung per bulan : Rp. 500.000,00
Total Pengeluaran : Rp. 5.000.000,00

Keuntungan
Rp. 7.500.000,00 – 5.000.000,00 = Rp. 2.500.000,00
Bagaimana sekarang? Sudah ada gambaran tentang tips memulai bisnis laundry kiloan kan?


Sumber : dokterbisnis.net

Ide Bisnis | Bisnis Tiket Pesawat

Banyak teman banyak rejeki. Anda  setuju dengan peribahasa tersebut? Kalau anda tidak setuju, minimal banyak koneksi lah, he..he..he.. Masalahnya begini, kebetulan saya punya beberapa teman yang paham masalah bisnis tiket pesawat.

Ada yang memang jadi pengusaha online ticketing, ada yang dulunya jadi orang yang dipercaya untuk mengelola bisnis tiket pesawat yang omsetnya sudah milyaran. Itulah yang saya maksud banyak teman banyak rejeki.

Rejekinya saya jadi tahu bagaimana usaha ticketing online, dan rejeki buat anda, anda bisa membaca artikel saya tentang bisnis ticketing onilne ini… 


Seperti biasa, strike to the point… Dalam membuat usaha tiket pesawat ini, anda harus  memiliki 2 syarat penting yang harus terpenuhi. Pertama,  usaha anda harus berbentuk Perseroan Terbatas (PT). Kedua, anda harus mempunyai sertifikat keanggotaan ASITA (Asosiasi Pariwisata Indonesia).

Kalau anda sudah memenuhi 2 syarat tersebut, maka “status” anda sebagai agen maskapai pesawat terbang sudah di a..ce..ce… Anda sudah bisa berjualan tiket pesawat.

Nah biasanya, anda bisa menjual tiket dari seluruh maskapai. Setelah itu pihak maskapai akan memberikan 2 jenis tiket yang bisa dijual, yaitu tiket fisik dan ticket non fisik atau yang biasa disebut e-ticket.

Untuk e-ticket, sebagai pihak agen anda harus melakukan deposit minimal 5 juta. Deposit tersebut langsung dikurangi dengan nominal pembelian tiket yang dilakukan.

Kalau pembelian tiket fisik, jaminan yang harus diberikan sebesar 500 ribu per tiket. Minimal pembeliannya 10 tiket dengan catatan, jaminan tersebut bisa anda ambil kembali dengan cara mengembalikan tiket fisik yang sudah anda ambil.

Untuk masalah manajemen, terkait dengan jumlah karyawan yang ideal untuk awal jika anda membuka usaha ini adalah 3 orang. Dua orang ditempatkan untuk reservasi dan 1 orang untuk operasional usaha. Reservasi bertugas untuk meng-”handel” calon pembeli.

Bagian operasional ditugaskan melakukan berbagai tugas operasional keagenan seperti mengantar tiket ke pembeli, membeli tiket fisik ke maskapai atau mengantar setoran ke maskapai.

Yang perlu diperhatikan adalah anda harus membekali pegawai anda mengenai masalah connecting. Anda tahu apa itu connecting? Connecting adalah informasi yang berkaitan dengan jadwal penerbangan, maskapai yang digunakan, waktu keberangkatan dan sebagainya.

Jangan lupa, anda juga harus menyiapkan pirantinya. Instalasi internet (server, modem dsb), 2 unit komputer, software gratis yang diberikan maskapai (kecuali garuda), 1 unit printer dot matriks, serta peralatan kantor pada umumnya seperti meja dan kursi. Kipas angin kalau anda perlu boleh juga ditambahkan… 

“Kalau masalah pemasaran-nya gimana bang?” Gud kuestion…kata teman saya nih, strategi pemasaran yang paling efektif yang bisa anda gunakan adalah menggunakan iklan, khususnya diyellow pages. Iklan ini cakupannya sangat luas. Biayanya berkisar 900 ribu sampai 1,4 juta dengan ukuran kolom 10 x 10 cm.  Nggak mahal kan?

Selain itu anda juga bisa menyebarkan brosur ke daerah yang potensial semisal daerah yang . Untuk menambah daya tarik calon konsumen, sistem diskon bisa digunakan. Tapi jangan besar-besar ya. Cukup 2-3% saja.

Soalnya rata-rata agen hanya mendapat keuntungan 7% dari harga dasar. Sedangkan harga tiket pesawat tersebut terdiri dari harga dasar + asuransi + ppn + surcharge (biaya bbm yang dibebankan penumpang). Tapi jangan pernah meremehkan keuntungan-nya lho, walaupun terlihat kecil.

Oh ya… anda harus ingat baik-baik siklus ini. Biasanya bulan Januari – April adalah masa sepi. Bulan Mei – Desember adalah masa ramai. Pada masa ramai, anda jangan memasang tiket yang harganya murah. Tapi diberikan harga tengah atau harga mahal.

Karena pihak maskapai selalu mempunyai 10 – 13 jenis harga. Mulai dari paling murah sampai yang paling mahal. Pada  waktu masa sepi, semua harga dibuka. Sedangkan pada masa ramai, harga yang dibuka adalah harga tengah hingga mahal.

Lalu, apa yang membuat membuat harga tiket bisa mahal atau murah. Sekali lagi, gud kuestion… Yang bisa membuat harga tiket mahal atau murah adalah masa berlakunya tiket.

Untuk harga yang paling murah, apabila ada konsumen yang membeli tiket untuk besok, maka besok konsumen tersebut harus berangkat. Sedangkan untuk harga-harga yang lain, si konsumen bisa menggeser jam maupun tanggal keberangkatannya.

Terakhir, untuk penerbangan domestik, Garuda dengan Lion mempunyai kelas bisnis. Selain itu semua maskapai kelas hanya menjual kelas ekonomi untuk semua penerbangan domestik.

Simulasi Keuntungan 1 Bulan

Pemasukan
Penjualan Tiket : Rp. 1.000.000.000,00

Pengeluaran
Pembelian Tiket : Rp. 993.000.000,00
Gaji 3 Orang Pegawai @. Rp. 700.000,00 : Rp. 2.100.000,00
Listrik & Air : Rp. 200.000,00
Telepon : Rp. 300.000,00
Administrasi : Rp. 100.000,00
Internet : Rp. 150.000,00
Operasional : Rp. 100.000,00
Promosi : Rp. 500.000,00
Total : Rp. 996.450.000,00

Laba Bersih
Rp. 1.000.000.000,00 – Rp. 996.450.000,00 = Rp. 3.550.000,00

Sumber : dokterbisnis.net

Ide Bisnis | Bisnis dan Peluang Membuka Usaha Warnet

Warnet, meskipun sudah banyak orang yang menekuni bisnis ini namun peluangnya masih terbuka lebar. Hingga saya menulis artikel ini, masih banyak orang yang tetap tertarik untuk buka usaha warnet.

Mungkin karena masih terbatas dan mahalnya akses internet membuat bisnis warnet tetap cerah. Selain itu bagi sebagian orang, komputer sebagai alat untuk mengakses internet masih terhitung mahal.

Anda tidak percaya? Ok, akan saya jelaskan. Mungkin bagi anda yang tinggal di kota-kota besar, anda bisa berlangganan internet hanya dengan membayar 99 ribu rupiah per bulan.


Tapi jika anda tinggal di ujung Papua, anda bisa mengeluarkan biaya hingga 3 juta rupiah hanya untuk mendapatkan akses internet 64kbps via VSAT. So kesimpulannya, harga akses internet belum terhitung murah untuk seluruh daerah di Indonesia. Belum lagi harga PC (baca : komputer) yang masih berkutat di atas 2,5 juta rupiah.

Nggak semua orang mampu beli lho. Bahkan di kota besar pun masih banyak orang yang belum bisa membeli komputer senilai yang saya sebutkan di atas. Saya punya 2 orang teman, yang satu baru bisa beli komputer beberapa waktu yang lalu. Padahal dia sudah ingin beli bertahun-tahun lamanya. Yang satunya sampai sekarang masih belum bisa beli… 

Walaupun prospek bisnis warnet masih terbuka, banyak orang yang menilai bahwa warnet sudah mulai ditinggalkan konsumennya. Mereka menganggap bahwa ada ancaman yang serius yang mulai menganggu kelangsungan hidup bisnis warnet.

Pertama, mulai bermunculan akses free wifi atau hotspot. Kedua, kampus-kampus mulai memberikan akses internet bagi civitas akademikanya. Ketiga, perusahaan atau kantor-kantor-pun berlomba-lomba memasang internet karena mereka menganggap internet sudah menjadi kebutuhan primer.

Terakhir, mulai beroperasinya Jardiknas (Jaringan Pendidikan Nasional) di sekolah-sekolah. Kalau gitu, berarti benar kata orang kalau bisnis warnet sudah mengalami penurunan dong? Belum tentu gan!

Perlu anda ketahui bahwa fasilitas-fasilitas di atas banyak memiliki kelemahan dan keterbatasan. Ambil contoh hotspotan di cafe-cafe. Saya jarang menemukan cafe-cafe tersebut punya akses internet dengan kecepatan yang tinggi.

Dan lagi, akhir-akhir ini banyak cafe-cafe yang baru mau memberikan akses internet gratis jika anda membeli minuman atau makanan senilai batas pembelian minimum yang mereka tetapkan. Mungkin karena di Jogja banyak mahasiswa yang hanya pesan es teh seharga 2500 rupiah terus ngendon aja di café tersebut sampai subuh… 

Back to the topic, masalahnya adalah, kalau ada konsumen yang ingin akses internet hanya sebentar untuk cek email, masak konsumen tersebut akan bela-belain duduk di cafe kemudian beli makanan atau minuman yang harganya selangit? Dan berita terakhir yang saya ketahui dari detikinet, ratusan hotspot ternyata tidak mampu memikat penggunanya.

Terus kalau akses gratis internet di kampus, di kantor atau di sekolah gimana? Kan gratis juga tuh… Gud kuestion… Saya pernah menggunakan akses gratis di kampus UGM. Anda tahu kapan saya aksesnya? Jam 5 pagi! Jadi minimal saya punya pengalaman lah merasakan akses internet di kampus.

Menurut saya, walaupun akses internet di kampus gratis, tetap saja banyak kelemahannya. Pertama, waktu. Rata-rata akses internet di kampus hanya bias diakses pada waktu jam belajar mengajar. Kedua, kenyamanan dan privasi. Jika menggunakan akses internet di kampus, tempat yang disediakan kurang nyaman jika dibandingkan dengan ruang di warnet.

Belum kalau orangnya agak risian apabila koneksi dilihat banyak orang. Hal itu juga terjadi baik menggunakan akses internet di kantor maupun di sekolah. Karena pada intinya adalah akses internet baik di kantor, sekolah dan di kantor tidak bisa anda gunakan setiap saat.

Lalu sebenarnya bagaimana sih prospek bisnis warnet ini? Saya akan kutipkan pernyataan dari mas Irwin Day, pakar bisnis per-warnet-an. Menurutnya, musuh utama kegagalan dalam membangun bisnis warnet adalah dirinya sendiri.

Kurangnya visi dalam mengelola bisnis dan terjebak kepada asumsi-asumsi dan akhirnya terjebak ke lemahnya daya saing yang berujung ke bangkrut atau tutupnya warnet. Lemahnya visi bisa dilihat dari tidak berubahnya model bisnis warnet dari tahun ke tahun.

Sejak kita mulai mengenal warnet hingga sekarang, model bisnisnya tidak lebih dari menjual kembali/reseller akses internet. Dari sisi pelayanan pun tidak berubah, bahkan cenderung statis.

Ini tentu kontras dengan kenyataan bahwa internet sendiri adalah tempat dimana individu-individu saling terhubung, berinteraksi, berkolaborasi dan menghasilkan sesuatu layanan yang sulit dikerjakan secara individualistis.

Kata “net” yang berarti jaringan tidak dihayati oleh warnet-warnet, mereka asik dengan keterkungkungan di tempat mereka (secara tidak sadar) justru terhubung dengan mudahnya.

Prospek atau tidak warnet bukanlah dari bisnis warnet itu sendiri, tapi bagaimana mengelola dan membawa bisnis itu menjadi sebuah layanan yang tetap dibutuhkan masyarakat. Inilah yang kurang digali oleh warnet-warnet.

Sekali warnet mampu memberikan layanan (berbasis IP) yang bagus dan dibutuhkan oleh masyarakat maka prospek bisnis pun akan cerah. Cuma syaratnya adalah: terhubung, interaksi, dan kolaborasi. Bukan berjalan secara individual, tapi membangun tim bisnis yang kuat.

Tapi ada baiknya ada jangan percaya mentah-mentah analisa usaha warnet saya ini. Anda bisa lakukan sendiri riset pasar di daerah dimana anda ingin membuka usaha warnet. Anda buat demografinya, anda analisa segmentasi pasar-nya, kemudian anda tentukan target pasar-nya, oke? Sekarang, kalau menurut anda bagaimana prospek usaha warnet ke depan?

Sumber : dokterbisnis.net

Ide Bisnis | Bisnis Rumahan Modal Kecil Untuk Ibu Rumah Tangga

Di luar sana bisnis rumahan adalah tren yang sedang berkembang untuk ibu dan ibu rumah tangga. Benar, uang adalah masalah nomor satu bagi sebagian besar orang karena segala hal dalam kehidupan ini sudah tidak gratis lagi. Sekarang jika anda adalah ibu yang selalu ada di rumah, saya ingin Tanya satu hal. Apakah cara yang lebih baik untuk menghabiskan waktu luang anda kecuali terlibat dalam bisnis rumahan modal kecil? Mungkin anda berpikir bahwa untuk menemukan cara cepat mendapatkan uang pasti sulit. Tapi sekarang tidak! Berkat adanya peluang bisnis gratis/murah yang tersedia baik secara online maupun offline.

Untuk memberi anda ide peluang bisnis rumahan modal kecil untuk ibu rumah tangga, silahkan baca terus!
Bisnis kerajinan. Ibu yang memiliki tangan terampil dan kreativitas yang tinggi dapat mencoba bisnis ini. Ada banyak hal yang bisa ibu lakukan di rumah dan menjual secara online. Beberapa contoh adalah hiasan rumah, hiasan dinding, kain tenun, kaos print dsb. Sebuah bisnis kerajinan butuh kreativitas, waktu dan ketekunan. Selain itu, anda juga butuh material/bahan.
Memasak dan Membuat kue. Kebanyakan ibu tahu cara memasak dan mereka bisa memasak dengan baik. Jika masakan ibu tidak hanya dinikmati oleh keluarga anda, tapi juga orang lain, anda bisa mendapatkan uang dari keahlian ini. Anda bisa mengubah sedikit ruang halaman anda menjadi warung makanan. Anda juga dapat menawarkan layanan memasak dan katering. Kadangkala ini akan mengharuskan anda keluar rumah, namun anda dapat tinggal di rumah hampir sepanjang waktu sambil menunggu panggilan dari klien.
Pekerjaan rumahan. Pilihan bisnis rumahan lain untuk ibu adalah melakukan berbagai pekerjaan di rumah. Anda pasti bisa menemukan pekerjaan yang tepat. Namun pastikan anda menerapkan pekerjaan yang bukan scam. Beberapa contoh pekerjaan yang bisa anda terapkan di rumah adalah menulis, desain web atau logo, dan penerjemah. Carilah pekerjaan terbaik sesuai dengan keahlian anda dan anda pasti bisa mendapatkan lebih dari apa yang anda harapkan.
Produk hewan peliharaan, perawatan dan layanan. Jika anda ingin merawat binatang seperti anjing, kucing dan burung, anda dapat menyediakan layanan hewan peliharaan seperti membersihkan kuku, potong rambut dan layanan perawatan hewan lainya. Anda juga dapat menggunakan alat yang sama dengan yang anda gunakan untuk merawat binatang peliharaan anda. Beritahu teman dan tetangga anda bahwa anda akan merawat binatang peliharaan mereka. Libatkan ke bisnis produk hewan peliharaan! Jadilah reseller produk hewan peliharaan seperti makanan suplemen, sampo, pemotong kuku, dll. Anda dapat menawarkan produk-produk tersebut secara online maupun offline.
Bisnis merawat binatang. Sekali lagi, ibu bisa menggunakan kecintaan dan kepedulian terhadap binatang untuk menghasilkan uang tambahan di saat mereka ada di rumah. Mereka dapat menerima pekerjaan sebagai perawat binatang peliharaan dari tetangga. Orang-orang saat ini memiliki jadwal sangat padat. Oleh karena itu, menemukan orang yang bisa merawat binatang ketika mereka bekerja pasti akan menjadi bantuan yang besar bagi mereka. Ide ini adalah yang tebaik bagi ibu yang memiliki kecintaan terhadap hewan peliharaan. Cara terbaik adalah menerima satu hewan peliharaan terlebih dahulu, misalnya anjing. Jika anda melihat bisnis tersebut berjalan dengan baik, anda bisa menerima hewan jenis lain seperti kucing, dsb. Saya yakin anda bisa mendapat banyak uang dengan cara seperti ini.
Bisnis produk pembersih plus layanan. Bisnis rumahan lain untuk ibu adalah yang berkaitan dengan kebersihan rumah. Sebagai seorang ibu, anda pasti tahu bagaiman menjaga rumah agar tetap bersih. Anda bisa menawarkan produk pembersih secara lokal dan online. Tunjukkan pada mereka betapa bersihnya rumah anda setelah menggunakan produk tersebut. Anda juga dapat mempekerjakan staf untuk menyediakan jasa kebersihan. Mungkin anda juga bisa bergabung dengan mereka untuk membersihkan rumah klien.
Bisnis produk kosmetik dan perawatan tubuh. Banyak orang mencari produk yang bagus. Anda dapat membeli beberapa produk kosmetik atau perawatan tubuh seperti yang anda sendiri suka menggunakanya. Pikirkan tentang sabun, sampo, body wash dan produk perawatan lainya yang biasa anda gunakan dan keluarga anda. Anda juga bisa menjual produk kosmetik yang sama seperti yang anda gunakan. Sekali lagi, sangat mungkin untuk menjual secara online dan offline.
Online shop. Ibu selalu bisa mencoba tangan mereka di bisnis online. Yang anda butuhkan adalah alat pembayaran seperti kartu kredit, rekening bank, atau paypal yang paling populer. Anda dengan mudah membeli produk grosir secara online seperti gaun, pakaian, tas, dan sepatu dan menjualnya secara eceran dengan harga yang lebih tinggi. Anda dapat memutuskan apakah ingin menjual secara online, offline atau keduanya. Satu hal yang pasti, anda bisa mendapatkan penawaran terbaik di toko grosir di internet.
Ada banyak jenis bisnis rumahan yang bisa anda mulai untuk mendapatkan penghasilan tambahan bagi keluarga. Untuk mengetahui bisnis rumahan terbaik untuk anda, pikirkan tentang produk dan layanan yang dapat anda berikan, anda suka, dan yang anda gunakan. Sangat mudah untuk memulai bisnis di rumah dan anda dapat menjangkau konsumen dengan lebih luas lagi jika anda menggunakan internet untuk iklan dan promosi. Meski demikian, niat anda, ketekunan anda, ketrampilan anda, adalah senjata utama untuk sukses bekerja dalam mendaki dunia bisnis


Sumber : idebisnisrumahan.com

Ide Bisnis | Bisnis Jasa Pengetikan

Peluang usaha jasa pengetikan masih memiliki prospek bisnis yang bagus. Mungkin saat ini sudah banyak orang yang memiliki komputer tau laptop, namun kebanyakan mereka tidak punya cukup waktu untuk mengerjakan tugasnya. Hampir setiap hari banyak orang yang membutuhkan pengetikan dokumen. Usaha pengetikan modalnya sangat terjangkau sebab tidak memerlukan banyak perlengkapan.


Perlengkapan yang harus dipersiapkan dalam usaha jasa pengetikan adalah :

1. Satu set komputer
2. Satu set printer
3. Plang nama / neon box
4. Buku catatan transaksi
5. Kertas HVS

Cara memulai

Pertama yang harus dikerjakan dalam usaha jasa pengetikan ini adalah promosi. Cara promosi bisa dengan menyebarkan brosur, menempelkan poster promosi di tempat-tempat umum, membagikan kartu nama, pamflet, memasang neon box di depan lokasi usaha dan sebagainya.

Poin-poin penting yang harus diperhatikan dalam usaha jasa pengetikan :

Kepuasan Pelanggan

Setiap usaha jasa harus mengutamakan kepuasan pelanggan, begitu juga dengan peluang usaha jasa pengetikan ini. Jik pelanggan merasa puas dengan hasil kerja kita, maka tentu akan membawa dampak postitif bagi perkembangan usaha jasa pengetikan yang sedang dikembangkan.

Pahami yang menjadi kehendak pelangan.

Kita harus faham apa yang di kehendaki oleh pelanggan, ini sangatlah penting untuk memberikan kepusan pada pelanggan. Apa yang sebenarnya di kehendaki oleh pelanggan ? Maka kita harus bisa memahaminya dengan betul.

Konfirmasikan detil order yang diterima

Untuk mengurangi resiko kesalahpahaman, sebelum memulai mengerjakan order ketikan. Usahakan penyelesaian order tepat waktu sesuai dengan kesepakatan. Bila “kebanjiran” order, kurangi resiko dengan menolak order melebihi kemampuan beban kerja; atau bila memungkinkan, cari SDM instan baru (kerabat, sanak family, teman, dsb) untuk membantu menyelesaikan order yang berlimpah.

Buatlah kebijakan penetapan harga yang kompetitif

Dengan menetapkan harga yang kompetitif maka di harapkan dapat bersaing dengan pelaku usaha lain dengan jenis serupa. Misal untuk saat sekarang, biaya jasa pengetikan dokumen standar (kertas ukuran A4, margin 4-4-3-3 cm, ukuran huruf 12 point, spasi 1.5) = Rp 3000 /lembar halaman jadi, dokumen tabel = Rp 4000 /lembar halaman jadi, dsb.

Kombinasikan dengan usaha lain

Misalnya, fotocopy, photo digital, jual alat-alat tulis dan sebagainya agar penghasilan yang di harapkan tidak hanya dari satu macam saja. Misalnya hari ini pngetikan sepi, namun foto copy yang ramai atau sebaliknya.

Nah bagaimana, anda berminat untuk mencobanya ?

Sumber : peluangusaha-oke.com