Kijang, Tidak Mengenal Musim Kawin




Kijang atau muncak adalah kerabat rusa yang tergabung dalamgenus Muntiacus. Kijang berasal dari Dunia Lama dan dianggap sebagai jenis rusatertua, telah ada sejak 15-35 juta tahun yang lalu, dengan sisa-sisa dari masaMiosen ditemukan di Perancis dan Jerman.
Pada masa sekarang, muncak hanya dapat ditemui di AsiaSelatan dan Asia Tenggara, mulai dari India, Srilangka, Indocina, hinggakepulauan Nusantara. Beberapa jenis diintroduksi di Inggris dan sekarang banyakdijumpai di sana.


Kijang tidak mengenal musim kawin dan dapat kawin kapansaja, namun perilaku musim kawin muncul bila kijang dibawa ke daerah beriklimsedang. Jantannya memiliki tanduk pendek yang dapat tumbuh bila patah.
Hewan ini sekarang menarik perhatian penelitian evolusimolekular karena memiliki variasi jumlah kromosom yang dramatis danditemukannya beberapa jenis baru (terutama di Indocina).
Dari semua Jenis kiang, Muntiacus vuquangensis atau Kijangraksasa Vietnam Ini adalah spesies kijang terbesar dan ditemukan pada tahun1994 di Vu Quang , provinsi Ha TinhVietnam dan Laos .
Kijang raksasa vietnam ini umumnya ditemukan di hutan hujanberketinggian 500 sampai 1200 m . berat hewan ini sekitar 30 sampai 50 Kg yangberarti dua kali lipat berat Muntiacus muntjak. Hewan ini memiliki bulu cokelatmerah . Karena adanya pembukaan lahan pertanian dan perburuan kijang raksasaini dianggap terancam punah.