sekilas budidaya perikanan

Budidaya  perairan merupakansuatu kegiatan untuk memelihara hewan maupun tanaman akuatik di dalamlingkungan terkontrol dengan campur tangan manusia untuk menghasilkan produktifitassehingga memberikan keuntungan.

Apatujuan kegiatan budidaya perairan?
Kegiatanbudidaya perairan bertujuan untuk produksi makanan (ikan), mempertahankanproduksi perikanan melalui kegiatan restockingbenih ke alam, menghasilkan produk bahan industri, dapat menghasilkan komoditasikan baru melalui domestikasi dan menyelamatkan spesies ikan yang terancampunah, produksi ikan hias, dan produksi ikan untuk rekreasi.
 Apa dampak kegiatan budidaya?
            Kegiatanbudidaya perairan memiliki dampak positif dan negative, dampak negatifenya adalahpencemaran yang berasal dari limbah pakan yang dapat menyebabkan kerusakanlingkungan perairan dan perluasanareal budidaya di daratan sedangkan dampakpositifnya kegiatan budidaya lebih menjanjikan, terkontrol dan memberikankeuntungan serta memenuhi kebutuhan ikan secara berkelanjutan serta menjadisatu-satunya kegiatan yang dapat menjaga kelestarian perikanan.
Mengapaaktifitas budidaya dilakukan?
Kegiatanbudidaya dilakukan karena sumberdaya ikan yang berada diperairan yang umumnyadiperoleh manusia dari kegiatan penangkapan jumlahnya semakin menurun danhasilnya tidak memiliki kepastian. Selain itu kita tidak pengetahui bagaimana perkembangan produksi ikan dilautlepas secara pasti.
Mengapabudidaya penting?
 Kegiatanbudidaya penting dilakukan karena permintaan terhadap produk perikananmeningkat sejalan dengan pertambahan populasi manusia, sementara produksiperikanan tangkap hampir mencapai lefel offsehingga terjadi kekurangan suplay ikan atau gab antara permintaan dan jumlah ikan yang ada. Oleh karena itudengan kegiatan budidaya melalui peningkatan priduktivitas , pengembangan arealbudidaya  baik areal laut dan tawar  dan meningkatkan jumlah ikan yang dapatdibudidayakan serta penerapan rekayasa akuakultur diharapkan mampu memenuhikebutuhan tersebut.
 Kapanaktifitas budidaya dimulai?
Kegiatan  budidaya dapat dimulai sejak masa lampau, kinidan selamanya 
Kapanaktifitas budidaya berakhir ?
Selama  masih ada air di dunia, kegiatan akuakulturtidak akan pernah berakhir.
Bagaimanakegiatan budidaya dimulai?
Kegiatan  budidaya dapat dilakukan denganmempertimbangkan tenaga kerja, skala usaha budidaya, jenis ikan yang dibudidaya, sistem budidaya yang diterapkan (dengan pemeliharaan secaratradisional (ekstensif), semiintensif dan intensif), biaya kegiatan budidayadan usaha baik pembenihan ataupun pembesaran.
Sumberdayaapa yang dikerahkan untuk kegiatan budidaya?
Sumberdaya yang dapat dikerahkanuntuk kegiatan budidaya  meliputisumberdaya alam, manusia dan kemajuan teknologi sebagai berikut:
sumberdayaalam              : faktorfisik (tanah, air, cuaca, udara dan temperatur), kimia (pH, DO, salinitas dan  amoniak), dan biologi (jenis ikan yang dibudidaya,virus, bakteri, jamur dan parasit) perairan pemupukan dan pengelolaan air
sumberdayamanusia   :tenagakerja, penerapan rekayasa akuakultur penguasaan terhadap ilmu pengetahuan yangmenuju pada penguasaan teknologi agar dapat mengunakan teknologi yang handaldan ramah lingkungan.
kemajuanteknologi        : penyediaan bibit-bibit unggul melalui perbaikan genetik, kualitas pakan yang  baik, pemberian hormon pertumbuhan, pengendaliandan monitoring terhadap penyakit.
 Dimana  kegiatan budidaya dilaksanaka?
            Kegiatanbudidaya perikan dapat dilakukan di perairan tawar, payau dan laut. Jenis-jeniswadah yang dapat digunakan  adalah kolam(kolam air desar dan kolam air tenang), tambak, akuarium, jaringterapung/karamba jaring apung.
Siapayang berperan penting dalam kegiatan budidaya?
Dalam kegiatanbudidaya yang berperan penting yaitu pembudidaya/ nelayan ikan sebagaipenghasil dan tenaga kerja, lembaga yang terkait dengan pemasaran dan dandistribusi hasil, dan lembaga hukum yang berperan sebagai pengawas kegiatanbudidaya.