Review CM X6 : HSF terkeren untuk Overclocking dan Gamer!!!




Setelah sempat cukup lama dengan kesuksesan V6GT. Cooler Master sebagai produsen HSF kelas dunia kembali menghadirkan HSF untuk Overclocker dan Gamer dengan tampilan yang sangat garang CM X6. HSF ini memiliki warna hitam satin fan merah menyala dan beberapa aksesoris. Design Heatsinknya cukup unik seperti jaring2 lebah untuk maksimum performance dan menjaga permukaan tetap dingin. Satu lagi yang unik CM X6 ini posisi agak “miring” jika dilihat dari atas, teknologi ini dari CM sendiri dimaksudkan untuk meningkatkan airflow dari casis lebih baik. 

Features 


Design yang “miring” dari CM dimaksudkan unutk memaksimalkan sirkulasi udara didalam casis lebih baik seperti pic berikut


Spesifikasi










Fan dan Kelengkapan





Instalasi Hardware

Kalau mas bro sudah pernah mencoba Hyper 612PWM, CM X6 ini memiliki instalasi yang sama terutama disandybridge platform. Step2nya simple tinggal pasang rentention plate (dudukan) diHSF, applikasikan dimobo pasang plate dibelakang mobo untuk mengaitkan. Unutk detilnya seperti ini :

1. Pasang rentention plate (dudukan) diHSF dan kencangkan dengan sekrup, seperti ini


2. Ada 3 posisi baut, untuk sandybridge pastikan baut diposisi tengah sperti ini


3. Setelah dudukan terpasang dan posisi baut ditengah applikasikan dimobo seprti ini


4. Pastikan semua masuk skrupnya, balik mobo dan kecangkan dengan backplate seperti ini 


5. HSF terpasang dan siap untuk Overclocking 


Metodologi test

CM X6 ini memiliki ukuran yang cukup bongsor dengan ukuran 157.3 x 113.8 x 163.3 mm. pastikan mobo mas bro menggunakan form factor ATX karena dengan Micro ATX seperti mobo yang ane coba Heatsink menabrak slot 1 PCIE- 3.0. Untuk pengujian dan test masih sama dengan Prime95 CPU i5 2500K jalan default dan OC ke 4.5GHz dan 4.8GHz. Detil settingannya seperti berikut :

1. Core i5 2500K default memori XMP profile 
2. Core i5 2500K@4.5GHz memori XMP profile, Vcore 1.3v LLC Ultra high
3. Core i5 2500K@4.8GHz memori XMP profile, Vcore 1.375v LLC Ultra High

Sebagai suksesor dari V6GT, menarik kita compare dengan V6GT karena HSFnya sudah tidak ada terpaksa saya coba single run performance.

Performance

Idle

  
#dari kiri ke kanan, default, 4.5GHz, 4,8GHz idle 37C, 39C, 39C

Load

  
#dari kiri ke kanan, default, 4.5GHz, 4,8GHz load 53C, 62C, 68C

Chart



Hasil yang cukup mengagumkan X6 mampu meredam suhu saat CPU i5 2500K @4.8GHz max di68C,hasil yang lebih maksimum X6 support dengan Dual fan. Dengan performance HSF yang seperti ini ane sangat yakin mas bro masih bisa mempush proci sandybridge up to 5.5GHz untuk bench SPI. Nice CM!

Tingkat Kebisingan

Dengan fan 12x12cm warna merah menyala CM X6 ini memiliki putaran kipas max 1900rpm dari speknya. Ternyata ini cukup menghasilkan suara yang masih Tolerabe, dengan tingkat kebisingn SILENT saat pengujian prime 95, CPU jalan di4.8GHz.

Kesimpulan



Jujur saja, kesan pertama yang ane dapatkan saat membuka box dan memlihat CM X6 ini keren dan gahar, warna fan yang merah dan bobotnya yang cukup berat 732g menjadikan X6 ini sangat perfect kombinasi untuk mobo ROG dari ASUS. Sebagai sukesor dari V6GT, CM X6 ini menjalankan tugasnya untuk Overclocker, gamer dan moding sangat baik, tercatat pemakaian daily i5 2500K run 4.8GHz dengan mudahnya diredam HSF ini suhu max prime 68C saja, it’s nice HSF cooler. Sayang dengan ukuran yang bongsor ini menghalangi slot PCIE 3.0 mobo Micro ATX. Perlu diperhatikan masbro unutk compatiblenya ane kira form factor ATX dibutuhkan untukHSF ini. Dengan range harga kurang lebih 600rb an HSF super keren ini bisa jadi pilihan bagi mas bro yang menginginkan max performance dan overcloking.