Dasar Pendirian KelompokTani :
• Menurut: Satuan PengendalianBimas-Jakarta 1980 (Capita selecta) Kelompok Tani adalah: Kumpulan orang-orangtani (dewasa , wanita, pemuda) yang terikat secara informal dalam suatu wilayahkelompok atas dasar keserasin dan kebutuhan bersama serta berada di lingkunganpengaruh dan pimpinan seorang kontak tani.
• UU No. 16 tahun 2006 tentang sistem Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan: Kelembagaan Petani, Pekebun Peternak nelayanpembudidaya ikan, pengolah ikan dan masyarakat di dalam dan di sekitar kawasanhutan adalah lembaga yang ditumbuh kembangkan dari, oleh dan untuk pelaku utama(Petani).
• Peraturan Menteri pertanian No.273/Kpts/OT.160/4-2007 tanggal 13 April 2007, Tentang Pedoman PembinaanKelembagaan Tani.Kelembagaan tani adalah kumpulan petani/ peternak/ pekebunyang dibentuk atas dasar kesamaan kepentingan, kesamaan kondisi lingkungan(sosial, ekonomi, sumber daya) dan Keakraban untuk meningkatkan danmengembangkan usaha kelompok.
Pengelolaan dan manajemen kelompok taniyang ideal :
1. Proses perencanaan (penumbuhan)
a. Dasar penumbuhan
Ă’ Adanya kepentingan bersama
Ă’ Berada dalam satu wilayah(domisili/ hamparan)
Ă’ Punya prinsip dasar dari, olehdan untuk petani
Ă’ Adanya anggota berkisar 20 s.d25 orang disesuaikan dengan kondisi lingkungan masyarakat dan usaha tani
Ă’ Adanya rasa memiliki danmenikmati manfaat sebesar-besarnya dari apa yang ada dalam kelompok tani
b. Prinsip-prinsip penumbuhan kelompok tani
- Kebebasan, Keterbukaan, Partisipatif, Keswadayaan, Kesetaraan dan Kemitraan
c. Proses penumbuhan kelompok tani
- Pengumpulan data dan informasi
- Advokasi (saran dan pendapat) kepada para petani khususnya tokoh-tokoh petani setempat
2. ProsesPelaksanaan
(peningkatanKemampuan kelompok Tani)
Proses peningkatan kelompok tani dimaksudagar kelompok tani dapat berfungsi
a. Kelas belajar
- Kelompok tani diarahkan agar mempunyai kemampuan
- Menggali dan merumuskan keperluan belajar
- Merencanakan dan mempersiapkan keperluan
- Mejalin kerjasama dengan sumber-sumber informasi
- Menciptakan iklim/ lingkungan belajar yang sesuai
- Berperan aktif dalam proses belajar mengajar
- Mengemukakan dan memahami keinginan dan memecahkan masalah
- Dapat merumuskan kesepakatan bersama, baik dalam memecahkan berbagai masalah maupun untuk melakukan beberapa kegiatan kelompok tani
b. Wahana kerjasama
— Menciptakan suasana salingkenal, saling percaya mempercayai dan selalu berkeinginan untuk bekerjasama
— Menciptakan suasana keterbukaandalam menyatakan pendapat dan pandangan diantara anggota untuk mencapai tujuan
— Mengatur dan melaksanakanpem-bagian tugas kerja sesuai dengan kesepakatan
— Mengembangkan disiplin dan rasatanggung jawab
— Merencanakan dan melaksanakanmusyawarah agar tercapai kesepakatan yangbermanfaat bagi anggota
— Mentaati dan melaksanakanperjanjian dan kesepakatan
— Menjalin kerjasama/ kemitraanusaha
— Mengadakan pemupukan modaluntuk keperluan pengembangan usaha
c. Unit produksi
· Dapat mengambil keputusan dalammenentukan pengembangan, bidang teknologi, sosial, permodalan sarana produksidan SDA
· Menyusun rencana danpelaksanaan kegiatan
· Memfasilitasi penerapanteknologi (bahan, Alat dan cara)
· Menjalin kerjasama / kemitraan
· Mentaati dan melaksanakankesepakatan/ perjanjian
3. ProsesEvaluasi
Dapat mengevaluasi berupa:
• Realisasi dari perencanaan dankegiatan bersama
• Rencana dan realisasi kebutuhan
Rencana yang akan dilaksanakan ke depan