Electrolux Ubah Sampah Plastik di Laut Jadi Vacuum Cleaner

Electrolux menggelar mini exhibition dengan tajuk ’Vac From The Sea’ yang berlangsung mulai dari tanggal 21-25 Maret 2012 di lantai LG, Senayan City, Jakarta.

Di acara ’Vac From The Sea’ ini Electrolux Indonesia ingin mengajak masyarakat untuk peduli terhadap bahaya sampah plastik di lautan. Sebagai bentuk nyatanya, Electrolux secara khusus menampilkan koleksi penyedot debu yang menggunakan sampah plastik dari lautan di berbagai belahan dunia.

Haryono Simon, General Manager PT Electrolux Indonesia,mengatakan,Sebagai komitmen dari PT electrolux Indonesia yang sangat peduli terhadap lingkungan untuk itu kami mengajak masyarakat terutama yang berada di pesisir agar memperhatikan dampak bahayanya sampah plastik.

Melalui mini pameran ini diharapkan masyarakat akan teredukasi terhadap bahayanya limbah plastik sebab limbah plastik terurainya sangat lama sampai puluhan tahun ini juga akan mengganggu ekosistim kehidupan biota laut dalam jangka panjang akan mengganggu kesehatan manusia,jelasnya.

Dalam sesi diskusi ini, Electrolux membahas secara detail mengenai masalah yang ditimbulkan oleh sampah plastik di lautan dan kegiatan ’Vac From The Sea’ sebagai program jangka panjang Electrolux yang mengajak masyarakat umum untuk memberikan perhatian yang lebih terhadap bahaya sampah plastik di lautan dan pentingnya daur ulang sampah.

Heni Agustina, Kepala Bidang Penanggulangan pada Asdep Pengendalian Kerusakan Lingkungan Pesisir dan Laut Kementrian Lingkungan Hidup memaparkan,”Banyaknya permasalahan mengenai lingkungan pesisir dan laut di Indonesia, termasuk aktifitas yang berkontribusi mencemarkan lautan yang diantaranya berasal dari kegiatan industri, pertanian dan rumah tangga.

“Ia juga menambahkan plastik sebagai penyumbang sampah terbesar kedua di Indonesia. Sampah botol merupakan limbah yang tidak dapat ditentukan masa urainya dan banyak sampah plastik yang mengandung limbah B3 yang berbahaya.

Berangkat dari kenyataan itulah, ‘Vac From The Sea’ digelar di Indonesia sebagai bentuk komitmen perusahaan terhadap lingkungan dan konsumen. Dengan digelarnya acara ini, diharapkan dapat menjadi momen yang tepat bagi masyarakat Indonesia untuk ikut peduli dalam mengurangi sampah plastik di lautan. kasiyanto[lensaindo]
Editor: Rosdiansyah