Maltese, Anjing Kuno Malta

Maltese adalah sejenis anjing kecil dalam kategori anjing mainan. Nama anjing ini yang berarti "dari Malta" dalam bahasa Inggris, biasanya tidak diterjemahkan dalam bahasa Indonesia. Salah satu ciri khas anjing Maltese ialah bahwa bulunya tidak rontok, bulunya lembut seperti sutra. Keturunan anjing ini berasal dari Kawasan Mediterania Tengah. Nama Maltese ini berasal dari pulau Mediterania pulau Malta, namun, nama ini teradang diartikan dengan mengacu ke pulau Adriatic, atau sebuah kota mati bernama Melita Sicilian.

Anjing jenis ini telah dikenal dengan berbagai nama selama berabad-abad. Awalnya disebut "Canis Melitaeus" dalam bahasa Latin, juga telah dikenal dalam bahasa Inggris sebagai "anjing kuno Malta," "Anjing Romawi Ladies '," "Anjing Singa Malta," dan "Bichon". The Kennel Club akhirnya menetapkan nama "Malta" untuk jenis ini di abad ke-19.


Para Malta diperkirakan adalah keturunan dari seekor anjing jenis Spitz, yang ditemukan di antara penghuni Danau Swiss dan jenis ini selekif dilahirkan berbadan kecil. Ada juga beberapa bukti yang menunjukkan jenis ini berasal dari Asia dan terkait dengan Tibetan Terrier;. Namun, asal kelahirannya yang sebenarnya tidak diketahui dengan pasti. Anjing ini mungkin menempuh jalan mereka ke Eropa melalui Timur Tengah dengan migrasi nomadic tribes. Beberapa penulis percaya bahwa proto-Malta digunakan untuk mengendalikan binatang pengerat.
Tercatat jenis tertua dari anjing Maltese ini ditemukan pada Greek amphora ditemukan di kota Etruscan, kota Vulci, di mana anjing Maltese digambarkan di sebuah benda bersama dengan kata Μελιταιε (Melitaie). Arkeolog memperkirakan benda Athenian ini berada di zaman 500 SM. Referensi untuk anjing juga dapat ditemukan dalam sastra Yunani dan Romawi Kuno.

Aristoteles adalah yang pertama menyebutkan nama Melitaei Catelli, ketika ia membandingkan anjing dengan Mustelidae, sekitar 370 SM Tulisan dokumen pertama (didukung oleh Stephanus dari Byzantium menggambarkan Canis Melitaeus kecil diberikan oleh writer Callimachus Yunani, sekitar 350 SM Pliny memperkirakan anjing memiliki namanya diambil dari pulau Adriatic Méléda;. Namun, Strabo, di awal pertama abad, mengidentifikasi jenis ini adalah asli berasal dari pulau MediteraniaMalta, dan menulis bahwa mereka disukai oleh wanita bangsawan.

Selama abad pertama, Publius, Gubernur Roma di Malta, menghadiahkan sebuah lukisan dan bahkan menulis puisi tentang anjingnya, Issa. penyair Romawi Martial menulis ayat-ayat deskriptif untuk anjing putih kecil nya ini yang dimiliki oleh temannya, Publius . Sudah menjadi pikiran umum bahwa Issa adalah anjing Maltese, dan berbagai sumber yang didapat dari Publius Martial, meskipun orang lain tidak mengidentifikasi dirinya.

John Caius, dokter untuk Ratu Elizabeth I, juga mengklaim bahwa Callimachus merujuk ke Pulau Melita "di selat Sisilia" Malta. Klaim ini sering diulang,terutama oleh penulis bahasa Inggris. Sumber anjing dari Malta disebutkan dalam tulisan-tulisan dari Abbé Jean d'Quintin Autun, List of Grand Masters of the Knights Hospitaller, Philippe Villiers de L'Isle-Adam, dalam karyanya 1536, insulaeMelitae descriptio.

Sekitar abad 17 dan 18, beberapa peternak memutuskan untuk mengembangkan lagi jenis anjing ini, dengan membuatnya lebih kecil lagi. Linnaeus menulis bahwa pada 1792, anjing ini memiliki ukuran seukuran tupai Jenis ini hampir menghilang sehingga dilakukan persilangan dengan anjing kecil lainnya seperti pudel dan Spaniels miniatur. Pada awal abad ke 19, ada sebanyak sembilan keturunan yang berbeda dari anjing Maltese.

Anjing berwarna parti dan solid diterima dalam acara dari 1902 sampai 1913 di Inggris, dan terakhir 1950 di Victoria, Australia and as late as 1950 in Victoria, Australia.. Namun, Maltise diminta untuk menjadi putih murni. Maltese berwarna dapat diperoleh dari selatan Prancis. Sekarang, Maltese milik Wendy Diamond , Lucky Diamond, sosok penyelamat hewan dan seorang duta besar untuk semua Maltese di seluruh dunia, menangani keistimewaan anjing seluruh dunia yang paling sering difoto.

Maltese telah diakui sebagai trah FCI di bawah perlindungan Italia pada tahun 1954, saat pertemuan tahunan di Interlaken, Swiss. Standar FCI saat ini tercatat tanggal 27 November 1989, dan terjemahan terbaru dari Italia ke Inggris adalah tanggal 6 April 1998. The American Kennel Club menyetujui bahwa jenis anjing ini di tahun 1888, adalah standar terbaru sejak 10 Maret 1964.


Sumber